alexametrics

Meningkatkan Keterampilan Anak TK dengan Permainan Angin Puyuh

Oleh : Fitri Yanti,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penerapan pembelajaran di Taman Kanak-kanak berbeda dengan pembelajaran di sekolah dasar maupun di sekolah lanjutan. Sebab, didasarkan pada psikologi perkembangan siswa yang masih taraf egosentris dan pola berfikir yang masih labil. Guru TK dituntut mampu memahami perkembangan emosionalitas serta daya khayal siswa. Sehingga mampu memberikan bimbingan secara maksimal kearah pemikiran yang rasional. Memperkenalkan bagaimana bersosialisasi dengan lingkungan melalui pemahaman sederhana dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan tingkat berpikir dan dunia anak yang suka bermain.

Salah satu penyebab kurangnya keterampilan sosial dan kerjasama anak adalah metode pengajaran kurang bervariasi dalam bermain. Pembagian tugas kepada anak sering bersifat individual atau tidak berkelompok. Proses pembelajaran tanpa adanya kegiatan bermain akan mengakibatkan anak cepat bosan dan jenuh di kelas. Sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak agar lebih optimal. Salah satunya dengan bermain angin puyuh berbantuan bola pingpong. Seperti yang dilaksanakan di TK Tarbiyatul Athfal 01 Kelompok A2.

Baca juga:  Lebih Menarik Belajar Lembaga Jasa Keuangan dengan Word Square

Bermain angin puyuh adalah salah satu jenis kegiatan bermain yang diajarkan kepada anak untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama. Permainan ini merupakan jenis permainan terpimpin yang membutuhkan kerjasama dalam kelompok. Jika anak saling berinteraksi dengan teman, dan bekerjasama maka akan terlihat keterampilan sosial anak.

Menurut Riggio (1986) keterampilan sosial adalah kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal. Termasuk ekspresivitas, sensitivitas, dan kontrol. Ekspresivitas mengacu keterampilan berkomunikasi atau mengirim pesan kepada orang lain. Sensitivitas mengacu keterampilan menerima dan menafsirkan pesan yang dikomunikasikan orang lain. Kontrol mengacu pada keterampilan yang mampu mengatur dan mengelola kemampuan proses komunikasi. Keterampilan sosial memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain dengan sukses.

Baca juga:  PJJ PPKn menjadi Mudah dan Murah dengan Media WhatsApp

Kerjasama memiliki manfaat yang dapat diperoleh anak ketika melakukan suatu kegiatan atau permainan. Menurut Kusnadi (2003:1) berdasarkan penelitian, kerjasama memiliki beberapa manfaat, yaitu a) Kerjasama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan, b) Kerjasama mendorong berbagai upaya terciptanya banyak energi, c) Kerjasama mendorong terciptanya hubungan yang baik antar individu serta meningkatkan rasa kesetiakawanan, d) Kerjasama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.

Permainan angin puyuh adalah salah satu jenis permainan terpimpin yang membutuhkan kerjasama anak dalam kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial. Di dalam kegiatan bermain terpimpin anak tidak bebas, melainkan terikat pada peraturan permainan atau kegiatan tertentu. (B.E.F Montolalu. 2009:7.29)

Baca juga:  Guru Harus Berikan Pembelajaran Daring yang Penuh Makna dan Kreativitas

Kekuatan atau kelebihan dari permainan angin puyuh ini adalah permainan ini berbentuk permainan lomba yang menarik untuk dimainkan anak secara berkelompok atau membentuk tim. Anak melakukan permainan dengan anggota timnya.

Dengan permainan angin puyuh keterampilan sosial dan kerjasama anak akan terbentuk dengan baik. Sehingga di masa depan anak akan mudah untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain tanpa mengalami hambatan. (kd/fth)

Guru Kelompok A2 TK Tarbiyatul Athfal 01 Boja

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya