alexametrics

Komik Strip Segitiga Ajaib Tingkatkan Minat Siswa Belajar Matematika

Oleh : Dasniti S.Pd.SD

Artikel Lain

ORADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan pelajaran wajib yang diajarkan di jenjang sekolah dasar (SD). Pelajaran matematika tidak melulu tentang angka, tetapi jauh lebih dari itu. Ketercapaian pendidikan matematika dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas belajar matematika.

Namun kenyataannya perolehan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Selokarto 01 masih kurang memuaskan. Masih terdapat siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketentuan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah, yaitu sebesar 65. Hal tersebut membuktikan bahwa masih terdapat siswa yang kesulitan memahami materi pelajaran matematika di sekolah. Bahkan jumlahnya mencapai 30 persen dari total siswa.

Kenyataannya banyak siswa yang kurang menyukai matematika. Ini karena siswa menganggap mata pelajaran matematika tergolong sulit dipahami dan membosankan. Bahkan orang tua siswa juga mengeluh betapa membingungkannya pelajaran tersebut. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam penyajian materi di kelas masih ada beberapa guru, seperti guru yang lama biasa mengajar dengan metode ceramah saja tanpa disertai metode dan media pembelajaran menarik lainnya sehingga siswa menjadi bosan, mengantuk, pasif, dan hanya mencatat.

Baca juga:  Mimadewo Mudahkan Siswa Menulis Descriptive Teks

Karakteristik pembelajaran matematika di SD yang tepat adalah pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih menyukai matematika. Karena itulah, guru perlu menyiapkan media yang sesuai. Sebab penggunaan media dapat mempengaruhi semangat serta ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai sesuai harapan.

Pengembangan media komik strip segitiga ajaib pada pembelajaran matematika materi kecepatan, jarak, dan waktu kelas V SD merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan. Media ini berupa komik literasi matematika yang menjelskan tentang materi kecepatan, jarak, dan waktu, serta rumus cepat untuk mencarinya. Komik ini dilengkapi gambar-gambar yang menarik siswa untuk membaca dan memahaminya.

Baca juga:  Tingkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Blended Learning

Menurut Daryanto (2016:146) kelebihan komik sebagai media pembelajaran, yakni komik mengandung unsur visual dan cerita yang kuat. Ekspresi yang divisualisasikan membuat pembaca terlibat secara emosional sehingga mendorong untuk terus membacanya hingga selesai.
Penggunaan media komik strip segitiga ajaib merupakan media pembelajaran matematika yang dapat membuat peserta didik menjadi tertarik pada pembelajaran matematika. Bahkan mampu mengikuti dan paham terhadap materi kecepatan, jarak, dan waktu.

Dengan belajar sambil membaca komik, peserta didik tidak merasa bosan mengikuti pembelajaran dari guru. Karena media ini memiliki alur cerita yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, gambar yang menarik, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa.

Baca juga:  Mengatasi Masalah dengan “Masalah”

Adapun langkah–langkah membuat komik strip segitiga ajaib yang pertama adalah membuat ide cerita yang sesuai dengan materi pelajaran. Selanjutnya membuat sketsa gambar, kemudian mewarnai gambar agar terlihat lebih menarik, dan terakhir memasukkan teks dialog yang mudah dibaca dan dipahami oleh siswa. Isi cerita tentang materi pelajaran cara menghitung kecepatan, jarak, dan waktu.

Penggunaan media pembelajaran komik strip segitiga ajaib pada pembelajaran matematika kelas V materi kecepatan, jarak, dan waktu, dapat meningkatkan keaktifan siswa. Sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Buktinya, rata-rata hasil belajar siswa kelas V mencapai nilai di atas KKM. (rn2/ida)

Guru SD Negeri Selokarto 01

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya