alexametrics

Efektivitas Blended Learning MS Teams 365 Materi Komposisi Fungsi

Oleh: Eko Sudarto, SPd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA bulan Januari 2022 hampir seluruh sekolah di propinsi Jawa tengah melaksanakan Uji coba pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), meskipun sudah dilaksanakan secara tata muka, nampaknya pembelajaran online tidak akan hilang. Bahkan menjadi kebutuhan satuan pendidikan sesuai tuntutan dan kemajuan teknologi.

Seiring situasi kondisi sudah zona cukup aman, sekolah diperbolehkan membuka kelas dalam kurun waktu lima jam sehari dari pukul 7.00 sampai pukul 11.55 WIB. Dalam lima jam sehari, setiap jam tatap muka @30 mnit bisa menampung lima sampai enam mata pelajaran.

Dengan keterbatasan waktu tersebut, guru harus berinovasi memilih model pembelajaran tepat sehingga para siswa lebih nyaman, senang dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Guru harus bisa memberikan pengalaman belajar sama baik yang di sekolah maupun yang dari rumah. Untuk itu dipilih model pembelajaran yang sesuai kondisi saat ini, Seperti Blended Learning yang dilakukan oleh siswa kelas X IPS 1 SMAN 3 Semarang pada materi komposisi fungsi.

Menurut Rahmawida Putri (2020 : 112), blended learning merupakan lingkungan pembelajaran yang dirancang dengan menyatukan pembelajaran tatap muka (face to face / F2F) dengan pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. Blended learning dilakukan dengan menggabungkan model sistem pembelajaran konvensional dengan sistem pembelajaran berbasis digital.

Baca juga:  Metode Pembelajaran “Dibali Makan Duri Dilagukan”

Blended learning dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran saat diberlakukannya tatap muka dan daring dalam waktu bersamaan. Media yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan para siswa dalam pembelajaran blended learning di SMA Negeri 3 Semarang adalah dengan platform “Microsoft Teams 365” (MS TEAM 365).

MS TEAM 365 memudahkan siswa dan guru terhubung dalam pembelajaran daring. Sebagai platform pembelajaran daring dikembangkan microsoft, bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan pemberian tugas tidak harus berwujud kertas (papers) serta para siswa lebih mudah mengaksesnya. Dengan pemanfaatan MS TEAM 365, pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan baik secara tatap muka di kelas maupun daring dirumah . Setiap media pembelajaran harus mengandung rumusan pengorganisasian bahan pelajaran, strategi penyampaian, dan pengelolaan kegiatan dengan memperhatikan faktor tujuan belajar, hambatan belajar, karakteristik siswa, agar dapat diperoleh efektivitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran.

Proses belajar mengajar pada materi komposisi fungsi di kelas 10 IPS1 dengan Blended Learning MS Teams 365 sangat efektif. Para siswa dapat mendownload aplikasi platform MS Team 365 pada HP android, laptop atau perangkat komputer lainya. Guru menyampaikan materi dengan menggunakan laptop atau PC di ruangan kelas dengan dilengkapi perangkat kamera yang dihubungkan dengan aplikasi platform MS Team 365 yang sudah setting dengan tepat, dengan menu share screen tampak jelas materi yang di berikan, siswa dirumah kelihatan jelas pada layar proyektor didepan kelas, sehingga siswa di dalam ruangan kelas dapat melihat teman temannya berada di rumah yang sedang mengikuti pelajaran.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Budaya Bangsa dengan Pembelajaran Video

Begitu sebaliknya siswa yang dirumah melalui Hp android maupun laptop pada aplikasi platform MS Team 365 dapat melihat dengan jelas, guru yang sedang mengajar, materi yang disampaikan, dan teman temannya yang berada di ruang kelas. Pada saat diskusi kelompok, presentasi tugas baik para siswa yang dirumah maupun di ruangan kelas dapat berjalan bersama, sehingga pembelajaran menjadi kodusif, menarik dan efektif.

Pada waktu guru mengajar materi komposisi fungsi di Kelas X IPS 1 dengan blended learing kombinasi MS Teams 365, pada fitur atau Menu MS Team 365 sudah tersedia file bahan ajar berupa materi pdf, word, power point, serta video pembelajaran. Pada saat para siswa ingin mengerjakan soal penilaian harian, tugas kelompok, tugas projek, tugas mandiri, latihan soal yang diberikan oleh guru pada menu assigment sudah tersedia semuanya.

Baca juga:  Pembelajaran Kombinasi Mengatasi Kendala Belajar Daring di Daerah Pinggiran Kabupaten Pekalongan

Para siswa tinggal mendownload materi materi, latihan soal dan tugas tugas yang dibutuhkan. Guru memberikan rambu rambu petunjuk dan teknis pengerjaan, cara mendownload kepada para siswa. Guru memberikan link yang dishare pada menu general MS Team 365, baik pada saat penilaian harian dan pengerjaan tugas. Para siswa segera mendownload, mengerjakan dan mengumpulkan kembali tugas-tugas yang diberikan pada MS Team 365 menu assigment pada hari, tanggal dan waktu yang ditentukan, dengan tujuan agar para siswa serius dalam mengerjakan tugas–tugasnya.

Blended Learning MS Teams 365 merupakan model dan media pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman materi dan memperluas sumber ajar maupun menambah aktivitas belajar, serta membantu guru dalam mengefisienkan waktu pembelajaran di dalam kelas.

Selain itu dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam diskusi, mempermudah siswa dalam pembelajaran, mengerjakan tugas-tugas, dan evaluasi pembelajaran. Para siswa lebih mandiri, disiplin, percaya diri, semangat belajar dan tanggung jawab. Penggunaan blended learning MS Teams 365 terbukti membuat proses pembelajaran lebih dinamis, menarik serta meningkatkan hasil belajar siswa. (rn2/zal)

Guru SMAN 3 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya