alexametrics

Tingkatkan Pembelajaran Daring PJOK dengan Media Instagram

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran merupakan aktivitas kegiatan belajar mengajar dilakukan pendidik kepada peserta didik. Penjasorkes adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk mencapai tujuan pendidikan. Yakni perkembangan kesehatan jasmani, mental emosional, neuromuscular, sosial dan perkembangan intelektual (Arma Abdoellah dan Agus Manaji: 1992:17). Pembelajaran penjasorkes dilakukan menitikberatkan praktik di lapangan. Namun karena pandemi, pemerintah memutuskan melakukan pembelajaran secara daring.

Pembelajaran daring juga diterapkan di SMA Negeri 8 Purworejo. Pembelajaran daring dilakukan agar tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik agar mendapatkan pendidikan layak. Banyak hal sudah dilakukan. Salah satunya mencoba berbagai macam media ajar yang digunakan dalam pembelajaran daring agar berjalan secara efektif.

Di era digital, peserta didik sangat bermain media sosial. Sebagai salah satu sarana berkomunikasi dengan semua orang. Salah satunya Instagram. Hampir semua pendidik dan peserta didik di SMA Negeri 8 Purworejo memiliki akun Instagram. Pendidik lantas mencoba memanfaatkan Instagram sebagai media ajar dalam pembelajaran daring Penjasorkes pada materi kebugaran jasmani kelas XI.

Baca juga:  Belajar Membaca Tanpa Mengeja

Pembelajaran menggunakan instagram dapat dilakukan melalui pembelajaran asinkronus dan sinkronus. Dalam pembelajaran asinkronus, pendidik dapat memposting materi dalam bentuk gambar atau video singkat di akun pribadi pendidik. Kemudian diberi caption sebagai keterangan materi yang akan diajarkan. Dari postingan tersebut pendidik hanya perlu membagikan tautan ke grup kelas supaya peserta didik mudah mengakses. Setelah peserta didik mengakses maka peserta didik dapat melakukan tanya jawab melalui kolom chat pada postingan tersebut.

Sementara pembelajaran sinkronus dapat dilakukan dengan live Instagram melalui akun pribadi pendidik. Sebelumnya pendidik membagikan undangan kepada peserta didik akan dilakukan pembelajaran secara tatap maya. Kemudian peserta didik dapat mengakses sesuai jadwal yang akan ditentukan. Saat melakukan pembelajaran live Instagram peserta didik dapat menyimak pemaparan pendidik. Kemudian dapat mengajukan berbagai pertanyaan secara langsung melalui kolom chat yang kemudian akan dijawab langsung pendidik.

Baca juga:  Memperkaya Kosakata dengan Chain Word

Dari pembelajaran tersebut peserta didik bisa mempraktikan aktivitas kebugaran jasmani di rumah secara mandiri. Setelah itu didokumentasikan dalam bentuk video yang digunakan sebagai tugas mandiri. Video yang didokumentasikan di posting di beranda akun pribadi atau di posting melalui instastory dengan men tag akun pribadi pendidik. Menuliskan caption motivasi berupa ajakan kepada seluruh pengikut untuk melakukan aktivitas kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran daring menggunakan media sosial instagram sangat efektif untuk peserta didik tingkat sekolah menengah atas. Dapat memenuhi kebutuhan peserta didik di era digital. Pembelajaran tersebut dapat menciptakan peserta didik untuk siap menghadapi abad 21 dengan membekali peserta didik agar memiliki kemampuan 4C. Kreativitas (creativity), berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration) dan komunikasi (Communication). Melalui media pembelajaran instagram juga tercipta pembelajaran menyenangkan. (p8.2/fth)

Baca juga:  Penelitian Tindakan Kelas Tingkatkan Kemampuan Guru dalam Mengajar

Guru Penjasorkes SMAN 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya