alexametrics

Mudah Menyusun Pola Kalimat Expressing Future Plans melalui Tugas Kalender Meja

Oleh : Sri Ernawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PJJ dalam praktiknya menyisakan banyak persoalan. Salah satunya, terhambatnya kemandirian siswa. Kondisi demikian juga dialami oleh guru bahasa Inggris. Oleh sebab itu guru dituntut mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Langkah strategis guru adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran. Pemberian tugas terkait materi yang disampaikan akan sangat membantu. Tugas yang dikemas dengan tepat membuat siswa merasa tertarik dan tidak menimbulkan kebosanan. Selanjutnya, mengerjakan tugas yang menarik dengan senang hati tanpa diikuti rasa bosan akan membuat pelajaran menjadi mudah dipahami dan tidak mudah terlupakan.

Dengan tugas semiterstruktur, tujuan belajar dalam keterbatasan pengawasan bisa diraih secara maksimal. Stone dalam Moekijat (1998) mengatakan, “A task is a specific work activity which done to reach a special purpose“ (suatu tugas adalah suatu pekerjaan khusus yang dilaksanakan untuk menjangkau suatu tujuan tertentu).

Pemberian tugas juga untuk menciptakan kedisiplinan dan kemandirian belajar. Hal itu sangat dibutuhkan terutama karena kurangnya pengawasan guru terhadap siswa saat pembelajaran jarak jauh berlangsung. Dengan demikian tugas harus diimbangi dengan sikap disiplin, dan kemandirian belajar. Disiplin, motivasi dan tanggung jawab adalah faktor internal yang mempengaruhi kemandirian belajar. Menurut Thomas Gordon (1996:3) disiplin adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang dilakukan secara terus-menerus.

Baca juga:  Think Globally Act Locally dalam Pembelajaran Geografi

Pada Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI (Lintas Minat) terdapat KD Expressing Future Plans. KD tersebut merupakan salah satu materi yang sulit dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Materi yang dimaksud menuntut siswa membuat kalimat dengan beberapa pola, mulai dari kalimat yang menggunakan Modals, Be going to, Present Continuous Tense, Simple Present Tense serta pola If Clause tipe pertama. Kesulitan dalam menyusun kalimat bahasa Inggris akan muncul ketika siswa dihadapkan pada pemakaian pola-pola kalimat.

Guru dituntut memberikan materi yang dapat membangkitkan semangat dan memotivasi kreativitas siswa untuk menyelesaikan tugas berkaitan dengan materi Expressing Future Plans. Tugas kalender meja dipandang sebagai pilihan yang relevan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi KD tersebut. Tugas berupa latihan membuat kalimat sangat diperlukan. Untuk mengemasnya menjadi sebuah tugas yang menarik, kita dapat menghubungkan materi Expressing Future Plans dengan kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Serunya Menulis Teks Editorial dengan Teknik 3P

Secara fungsional kalender meja sama dengan kalender dinding. Keduanya mempunyai manfaat sebagai pengingat dan dekorasi (sumber:soocadesign.com). Mengingat salah satu manfaatnya sebagai pengingat, maka kalender meja dapat dijadikan sebagai langkah guru untuk memudahkan pemahaman materi dalam proses pembelajaran.

Adapun langkah pembelajaran dalam menyusun tugas kalender meja berkaitan dengan materi Expressing Future Plans sebagai berikut : guru menugasi siswa untuk membuat rencana kegiatan mereka dalam waktu seminggu ke depan pada sebuah kalender meja (kalender duduk).
Selanjutnya siswa membuat rencana kegiatan mereka dalam lembaran kalender meja bekas atau membuat rangkaian kalender meja sendiri dengan memanfaatkan rangka kalender yang sudah tidak terpakai, yang setiap lembarnya berisi jenis pola kalimat yang harus dikuasai dalam materi expressing future plans.

Menjadwalkan aktivitas keseharian mereka dalam waktu seminggu ke depan dengan pola terkait expressing future plans yang tepat dan menuangkannya dalam sebuah kalender meja yang estetis tentu sangat menarik, berkesan dan tidak terasa terbebani.

Baca juga:  Tambah Bersemangat Belajar PJOK dengan Metode PBL

Selanjutnya, ketertarikan dan kesungguhan mereka dalam mengerjakan tugas tentu menghasilkan susunan pola kalimat yang benar dan sesuai dengan yang diajarkan sehingga membuat penyampaian materi menjadi maksimal. Kreativitas siswa yang bermacam-macam akan menghasikan kalender meja yang bervariasi, indah, estetik sebagai salah satu cara mereka mengekspressikan diri.

Dengan kata lain, langkah guru memberikan tugas membuat kalender meja atau kalender duduk hasil belajar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran bahasa Inggris khususnya KD Expressing Future Plans.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dengan tugas membuat kalender meja ini adalah siswa akan terbiasa melakukan kegiatan secara terjadwal, terencana. Kemandirian dalam belajar akan tercipta. Bahkan mereka dapat membuat kalender meja yang estetis sesuai kreativitas masing-masing. Memiliki jadwal harian akan membentuk seseorang untuk lebih disiplin, dan kalender meja yang estetis. Berisi jadwal dengan susunan pola kalimat buatan sendiri tentu sangat membanggakan. (lm1/lis)

Guru SMA Negeri 5 Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya