alexametrics

Tingkatkan Kemampuan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif

Oleh : Ari Rukmawan, S. Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran bahasa Indonesia untuk membimbing siswa agar mampu memfungsikan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi. Model pembelajaran dengan terlalu banyak aspek teoritis harus ditinggalkan. Sebab, tidak sesuai dengan pengajaran bahasa Indonesia (Rajendra, 2021: 96).

Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang memiliki peran penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa cerdas, kritis, kreatif, dan berbudaya adalah kemampuan berbicara. Ada dua faktor penyebab rendahnya kemampuan berbicara siswa. Yaitu faktor internal dan faktor eksternal (Ramelan, 2020:23). Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru (faktor internal) dan penggunaan bahasa Indonesia dalam keluarga dan masyarakat (faktor eksternal).

Umumnya guru bahasa Indonesia cenderung menggunakan pendekatan kurang inovatif. Sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Siswa tidak diajak belajar berbahasa. Tetapi cenderung diajak belajar bahasa. Artinya, yang dihadirkan guru di kelas bukanlah bagaimana siswa berbicara sesuai konteks dan situasi tutur. Melainkan diajak mempelajari teori-teori tentang berbicara. Kondisi ini membuat kemampuan berbicara hanya melekat pada diri siswa sebagai sesuatu yang rasional dan kognitif. Belum menyatu secara emosional dan afektif.

Baca juga:  Sistem Gerak Manusia Mudah Dipahami dengan Multimedia Interaktif

Dalam proses komunikasi sehari-hari, banyak keluarga menggunakan bahasa ibu (bahasa daerah) sebagai bahasa percakapan di lingkungan keluarga. Sementara jika ada tokoh masyarakat yang menggunakan bahasa Indonesia, umumnya mereka belum memperhatikan kaidah kebahasaan dengan baik dan benar. Akibatnya, siswa tidak terbiasa berbahasa Indonesia sesuai konteks dan situasi tutur. Kedua faktor internal dan eksternal tersebut terlihat pada siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Dukun Kabupaten Magelang.

Dari permasalahan diatas, penulis berpandangan bahwa salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap mampu menciptakan situasi belajar yang kondusif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah dengan pendekatan komunikatif. Melalui pendekatan ini, siswa akan dapat mengembangkan potensi intelektual, sosial, dan emosionalnya. Sehingga kemudian hari mampu berkomunikasi dan berinteraksi sosial secara arif dan matang.

Baca juga:  Konsep Dasar Bilangan Pecahan Menggunakan Metode potong kue

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, penulis berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dalam konteks nyata dan situasi kompleks. Penulis memberikan pengalaman kepada siswa melalui pembelajaran terpadu menggunakan proses yang saling terkait dalam situasi dan konteks komunikasi alam yang nyata.

Penulis menerapkan langkah-langkah sebagai berikut; 1) penulis memilih masalah yang menarik dan menjelaskannya. Sehingga siswa termotivasi untuk memecahkan masalah; 2) agar siswa memahami peristiwa tersebut, penulis menceritakan saat setting cerita pertama; 3) penulis menunjuk beberapa siswa untuk memainkan peran seperti yang digambarkan; 4) menjelaskan kepada siswa dengan sebaik-baiknya. Sehingga mengetahui alur cerita, menguasai masalah, pandai menirukan, dan berdialog; 5) siswa yang tidak berpartisipasi harus menjadi penonton yang aktif. Selain melihat dan mendengar mereka harus dapat memberikan saran dan kritik tentang apa yang harus dilakukan setelah kegiatan selesai; dan 6) setelah memainkan peran dalam situasi klimaks, perlu membuka tanya jawab, diskusi atau membuat karangan dalam bentuk drama.

Baca juga:  Metode Dakon pada Pembelajaran IPS untuk Kurikulum Prototipe

Penerapan proses pembelajaran melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Dukun Kabupaten Magelang membuktikan bahwa siswa mampu membuat kriteria sendiri untuk mengungkapkan pikiran dalam bahasa yang dipelajarinya. Siswa berani mengungkapkan pendapat secara lisan, dan siswa menjadi terlatih berinteraksi dengan orang lain. (rn2/fth)

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Dukun, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya