alexametrics

Jaga Kebugaran Jasmani Siswa melalui Kegiatan Bersepeda

Oleh: Hartini S Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEBUGARAN jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh untuk melakukan penyeusuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebih yang berarti.

Menurut Agus Mukholid M.Pd. (2004:3) Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Bagi siswa kesegaran jasmani mutlak di butuhkan dan merupakan unsur dasar yang harus di miliki siswa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Siswa yang memiliki kebugaaran jasmani yang baik dapat melakukan tugasnya sehari-hari dengan baik. Beberapa manfaat kebugaran jasmani adalah meningkatkan sirkulasi darah dan sistim kerja jantung, meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan serta masih banyak lagi manfaat yang di dapat dari kebugarn jasmani.

Baca juga:  Mengatasi Kejenuhan Siswa Belajar Bumiku dengan Video Animasi Berbasis Powtoon

Namun, hampir tiga tahun ini semenjak Covid-19 melanda hampir seluruh dunia, semua gaya hidup kita berubah. Kegiatan masyarakat berpusat dirumah atau WFH (Work From Home), termasuk pembelajaran yang dilakukan disekolah juga dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak jauhh (PJJ).

Pembelajaran PJOK merupakan salah satu pelajaran yang sangat disukai siswa, tetapi tidak bisa berjalan sebagaimana biasanya dilakukan disekolah dalam pengawasan guru, tetapi dilakukan dengan daring sehingga kebugaran jasmani siswa yang di harapkan dapat tercapai ternyata sulit di dapatkan karena dengan olah raga yang dilakukan dirumah memiliki keterbatasan baik tempat maupun materi yang dikerjakan .

Dengan demikian lama kelamaan akhirnya menimbulkan kejenuhan dan kebosanan, sehingga kebugaran jasmani masyarakat atau siswa yang saat ini sangat dibutuhkan untuk kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi covid-19 sulit tercapai.

Pada akhirnya, masyarakat mulai befikir dan merubah kebiasaan olahraga yang dilakukan dirumah kini dilakukan diluar rumah namun tetap dengan menjaga protokol kesehatan.“ Bersepeda…” ya kini bersepeda merupakan kegiatan yang sedang banyak digemari oleh masyarakat.

Baca juga:  Mengkritisi Penggunaan Bahasa Sarkasme di Media Sosial

Walaupun dalam masa PPKM kegiatan ini dapat dilakukan dengan tetap menjaga prokes ( protokol kesehatan) yaitu memakai maker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan kita bebas menentukan rute yang diinginkan sehingga kita mendapatkan suasana yang berbeda sesuai jalur yang kita pilih.

Menurut sebuah study British Journal Of Sport Science Medicine pada tahun 2018 menemukan bahwa bersepeda memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain Mengendalikan berat badan. Bersepeda mampu meningkatkan metabolisme tubuh, membangun otot dan membakar lemak. Mencegah penyakit jantung. Bersepeda dapat merangsang dan memperbaiki kesehatan jantung paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi penyakit kardiovaskular serta menguatkan otot jantung. Mengurangi resiko kanker. Orang yang memiliki tubuh bugar hingga usia tua memiliki resiko lebih rendah untuk mengidap kanker paru-paru.

Baca juga:  Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak Sejak Dini

Menurut pakar olahraga, Dosen FKKMK UGM, Dr.dr H.Zainal Muttaqin Sofro, AIFM, (30/6/2020) menjelaskan bahwa bersepeda adalah olahraga fisik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kebugaran jasmani dan sistem imun tubuh. Bersepeda diluar rumah sifatnya rekreasi, menimbulkan rasa gembira sehingga meningkatkan imunitas.

Saya sebagai guru olahraga SDN 1 Purbalingga Wetan mengharapkan sekali siswa siswi saya memiliki kebugaran jasmani yang baik sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, saya menganjurkan mereka untuk berolah raga bersepeda. Olah raga ini kecuali murah dan mudah, hampir setiap anak memiliki sepeda. Bersepeda juga dapat dilakukan bersama keluarga atau teman-teman sehingga suasana menjadi sangat menyenangkan. (pb2/zal)

Guru SDN 1 Purbalingga Wetan, Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya