alexametrics

Cipta Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Berliterasi

Oleh : Ria Widyawati S.Kom M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PROFIL Pelajar Pancasila sekarang menjadi salah satu program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan karakter siswa yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, berkebhinnekaan global, berpikir kritis, kreatif, dan bergotong royong. Pendidikan karakter akhir–akhir ini menjadi sangat penting, karena banyak masalah sosial yang sulit untuk diatasi dan jumlahnya semakin meningkat.

Dengan ditanamkannya pendidikan karakter pada siswa, diharapkan dapat mengurangi pergaulan bebas pada remaja, kebiasaan menyontek, kejahatan pada teman sendiri, pornografi, penyalahgunaan obat–obatan terlarang, dan masih banyak lagi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karakter adalah tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan manusia dengan yang lainnya (KBBI, 2001:506).

Perpustakaan SMP Negeri 13 Surakarta masih menggunakan cara manual dalam pengelolaannya. Sistem sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku masih dengan cara sederhana tanpa menggunakan teknologi sama sekali yaitu dengan pencatatan pada kertas. Hal ini tentu saja mempunyai banyak kelemahan, terutama apabila ada catatan untuk pengembalian dan peminjaman buku yang hilang, akan susah melacaknya.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi untuk Siswa SD Kelas Rendah

Begitu juga apabila ada banyak pengunjung perpustakaan yaitu siswa yang akan meminjam ataupun mengembalikan di waktu yang sama yaitu pada saat istirahat yang hanya sekitar lima belas menit. Belum ada kesadaran dari siswa ataupun guru untuk memanfaatkan perpustakaan secara maksimal, misalnya dengan membaca koleksi buku di perpustakaan.

Siswa-siswi SMP Negeri 13 Surakarta kebanyakan berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah, sehingga pemahaman tentang ilmu pengetahuan, agama, dan teknologi masih minim. Dengan budaya berliterasi yang dicanangkan di sekolah, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa di berbagai bidang sehingga dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Budaya berliterasi di lingkungan sekolah masih sangat rendah, sehingga harus ada upaya yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan untuk meningkatkan budaya membaca. Harus ada langkah–langkah konkret yang dilakukan untuk mewujudkannya, agar siswa-siswi juga guru–guru SMP Negeri 13 Surakarta gemar membaca.

Baca juga:  Meningkatkan Keselamatan di Jalan Raya melalui Daring Asingkron PJOK

Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan untuk mencetak siswa berkarakter melalui budaya membaca, pertama, dengan mencanangkan budaya berliterasi pada setiap kelas, mulai kelas 7 sampai kelas 9. Sehingga ada jam khusus pada saat jam pembelajaran, ada satu jam pelajaran setiap minggu digunakan siswa untuk berliterasi di perpustakaan. Kedua, mencanangkan beberapa perlombaan dan pengisian angket. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada pelayanan di perpustakaan SMP Negeri 13 Surakarta, maka pengurus perpustakaan mempunyai program lomba perpustakaan.

Ada lomba pengunjung paling rajin, peminjam paling banyak, piket guru di perpustakaan yang paling rajin, lomba bercerita. Petugas perpustakaan juga akan membagikan angket bagi pengunjung dan guru piket di perpustakaan untuk memberikan masukan tentang semua hal yang ada di perpustakaan dan dapat digunakan untuk kemajuan perpustakaan.

Baca juga:  Belajar Cerpen Asyik dengan Quizizz di Tengah Pandemi

Petugas perpustakaan menyebarkan angket tentang kebiasaan membaca dan penggunaan program aplikasi perpustakaan untuk pengelolaan perpustakaan. Ketiga, berupaya meningkatkan SDM petugas perpustakaan. Keempat, penggunaan program aplikasi untuk pengelolaan perpustakaan. Kelima, peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan budaya berliterasi di lingkungan SMP Negeri 13 Surakarta yang pada akhirnya akan mewujudkan karakter Profil Pelajar Pancasila. (tt2/ida)

Guru SMP Negeri 13 Surakarta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya