alexametrics

Belajar Menggunakan Google Forms Mudah dengan Learning By Doing

Oleh : Widya Hapsari AP, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sebanyak 50 persen lebih dari total 33 guru di SMP Negeri 1 Grabag belum menguasai penggunaan aplikasi Google Forms untuk penilaian dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Guru masih menggunakan cara konvensional dalam memberikan soal. Contohnya dengan memfoto dokumen soal kemudian dibagikan dalam WA Grup kelas. Kelemahan dari model ini adalah siswa kurang tertantang untuk mengerjakan soal mengakibatkan tingkat partisipasi sangat rendah. Selain itu guru harus mengoreksi secara manual sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memperoleh nilai siswa.

Karena siswa tidak dapat bertatap muka maka guru dituntut untuk menerapkan sistem penilaian berbasis online. Aplikasi penilaian online yang populer saat ini adalah Google Forms. Google Forms merupakan layanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam membuat kuesioner, soal, formulir, atau semacamnya dengan basis online atau digital.

Dengan aplikasi ini memungkinkan guru membuat soal dengan berbagai tipe, memberikan kunci jawaban sehingga sistem secara otomatis mengoreksi jawaban siswa serta menambah fitur lain yang dapat dikembangkan. Dengan menggunakan Google Forms guru dapat melakukan penilaian secara real time dan hasil akan segera di dapatkan. Hal ini mendorong kedisiplinan siswa dalam melaksanakan penilaian.

Baca juga:  Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powtoon

Sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014, peran guru TIK adalah memfasilitasi sesama guru dalam menggunakan TIK untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Berpedoman pada regulasi tersebut dan merespon kebutuhan guru akan penguasaan penggunaan Google Forms untuk penilaian, maka guru TIK di SMP Negeri 1 Grabag melaksanakan pembimbingan TIK bagi sesama guru dengan metode learning by doing.

Mengutip pendapat John Dewey yang mengemukakan learning by doing adalah belajar sebaiknya dialami melalui perbuatan langsung yang dilakukan langsung oleh peserta didik (baca: rekan sejawat/guru) secara aktif baik individual maupun kelompok, dengan cara memecahkan masalah.

Guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator. Metode ini mampu merangsang peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam proses belajar mengajar sehingga meningkatkan keaktifan. Memfokuskan peserta didik untuk lebih giat dalam berinteraksi, berdemonstrasi, bekerja kelompok dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara langsung sehingga peserta didik memiliki pengetahuan yang berasal dari praktik. (http://eprints.ums.ac.id/79865/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf).

Baca juga:  Belajar Topologi Jaringan Komputer dengan Model Picture To Picture

Dengan memanfaatkan laboratorium TIK di SMP Negeri 1 Grabag setelah kegiatan belajar mengajar berakhir guru secara kolektif dan bertahap belajar bersama mempraktikkan cara membuat soal menggunakan Google Forms. Guru TIK berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi rekan guru lain.

Mulai dari tahap awal, langkah demi langkah guru TIK membimbing dalam pembuatan soal. Langkah yang harus dilakukan adalah menyiapkan akun email, memasukkan soal dalam Google Forms, melakukan pengaturan bentuk opsi jawaban dan kunci jawaban serta membuat tautan yang akan dibagikan kepada siswa.

Guru juga diajarkan cara mengelola respons atau jawaban siswa dan memasukkan dalam daftar nilai. Rekan guru yang sudah mampu mempraktikkan membantu dan berbagi pengalaman belajar dengan guru lain yang belum memahami. Dengan praktik tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman guru terhadap materi yang sedang dipelajari.

Baca juga:  Penanaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Motul

Melihat antusias guru dalam mengikuti kegiatan ini memiliki dampak yang signifikan. Kemampuan dan jumlah guru dalam pembuatan soal dengan Google Forms meningkat, 91 persen dari jumlah guru sudah mampu menggunakan aplikasi dengan lancar. Tinggal 9 persen guru perlu mendapat bimbingan dan pendampingan lebih intensif. Sebagian besar merasakan manfaat kemudahan dan keefektifan dalam melaksanakan penilaian online. (gr1/lis)

Guru TIK SMPN 1 Grabag, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya