alexametrics

Meningkatkan Prestasi Sekolah dengan Giastra

Oleh : Furqotun, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Prestasi bagi lembaga pendidikan atau sekolah merupakan hal yang penting. Dengan prestasi bisa meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi lembaga dalam mengarungi kegiatan kelembagaan. Apalagi bagi sekolah swasta. Prestasi juga mampu menumbuhkan rasa percaya masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang dijadikan pilihan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, sebagai sekolah baru SMP Islam Modern Al Faqih harus berjuang keras untuk menunjukkan eksistensi sebagai lembaga pendidikan berprestasi dan dipercaya masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menjadi sekolah berprestasi. Salah satunya melaksanakan pembelajaran intrakurikuler secara maksimal. Dengan menggunakan kurikulum nasional dipadukan muatan lokal keagamaan. Kegiatan pembelajaran di SMP Islam Modern Al Faqih juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang dikemas dalam program Giat Ekstrakurikuler (Giastra). Program untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non akademik. Program ini dilaksanakan di luar pembelajaran intrakurikuler dan difokuskan kegiatan praktik.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 62 tahun 2014 tentang ekstrakurikuler yang menyebutkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Baca juga:  Pembelajaran Sifat–Sifat Himpunan dengan Indeks Card Macth

Program Giastra SMP Islam Modern Al Faqih meliputi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, Palang Merah Remaja PMR), kesenian, marching band, olahraga, khitobah, seni kaligrafi, tilawah, Karya Ilmiah Remaja (KIR), dan hadroh/duror. Dari beberapa kegiatan tersebut, peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, PMR, dan khitobah. Sedangkan lainnya peserta didik bebas memilih sesuai dengan bakat dan minat. Melalui Giastra berbagai prestasi non akademik dapat dicapai.

Waktu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler diatur dan disesuaikan dengan kegiatan intrakurikuler di Pondok Pesantren Al Faqih. Karena peserta didik SMP Islam Modern Al Faqih merupakan santri di Pondok Pesantren Al Faqih. Pelaksanaan Pramuka dan PMR dilaksanakan setiap Kamis setelah proses pembelajaran sekolah selesai. Kegiatan Pramuka dilaksanakan Kamis di minggu pertama dan ketiga.

Sementara ekstrakurikuler PMR dilaksanakan hari Kamis minggu kedua dan keempat. Peserta didik diajarkan berbagai upaya Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), dan dasar-dasar kesehatan lainnya. Selain pembina dari dewan guru, ekstrakurikuler PMR juga bekerjasama Puskesmas. Outputnya ditekankan untuk menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik yang menjadi pengurus inti PMR diberi tanggung jawab turut mengelola Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

Baca juga:  Metode Menghafal Perkalian Dasar dengan Jarbel

Ekstrakurikuler Khitobah dilakukan setiap Sabtu malam. Wajib diikuti seluruh peserta didik. Kegiatan diisi praktik ceramah atau pidato, menjadi pembawa acara, serta menyusun sebuah kegiatan. Pada kegiatan ini, peserta didik atau dijadwalkan tampil di depan santri lain dan dewan asatidz.

Kegiatan diadakan secara rutin sehingga semua santri dapat menjadi petugas dalam kegiatan tersebut. Kegiatan khitobah diharapkan mampu membentuk mental dan rasa percaya diri ketika tampil di muka umum. Untuk kegiatan ekstrakurikuler peminatan dilaksanakan pada waktu berbeda. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler lain seperti marching band, olahraga, tilawah, dan hadroh/duror diadakan pada hari Minggu.

Melalui program Giastra, peserta didik berhasil menorehkan berbagai prestasi non akademik. Diantaranya tingkat Kecamatan Moga, Pramuka SMP Islam Modern Al Faqih selalu berpartisipasi mengikuti kegiatan perkemahan yang dilaksanakan Kwartir Ranting Moga. Bahkan, selama dua tahun berturut-turut SMP Islam Modern Al Faqih dapat meraih juara dalam lomba-lomba yang diselenggarakan. Tahun 2018 berhasil meraih Juara 1 Pentas Seni Jambore Ranting Penggalang SMP/MTs Gerakan Pramuka Ranting Moga dan Juara 3 P3K Jambore Ranting Penggalang SMP/MTs Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Moga.

Baca juga:  Peran Kepala Sekolah Era Pandemi

Ekstrakurikuler PMR tahun 2019 berhasil meraih Juara 4 Kontingen Tergiat PMR Madya VI Jumbara PMR Madya dan Wira PMI Kabupaten Pemalang, Juara 2 Travelling Sanitasi dan Kesehatan PMR Madya kabupaten Pemalang, serta Juara 1 Travelling Pertolongan Pertama PMR Madya Kabupaten Pemalang. Dan masih banyak lagi prestasi yang didapatkan dari berbagai bidang.

Dari uraian tersebut, program GIASTRA memiliki banyak manfaat. Diantaranya sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik, ajang memperluas wawasan dan pengalaman peserta didik. Selain itu, melatih rasa percaya diri peserta didik dan menjadi sarana rekreatif siswa. Melihat berbagai prestasi yang ditorehkan, menunjukkan program Giastra di SMP Islam Modern Al Faqih memiliki pengaruh dalam meningkatkan prestasi sekolah. Tentu tidak terlepas dari usaha maksimal segenap pembina, dan pelaksanaan kegiatan yang penuh semangat dan sungguh-sungguh. (rn2/fth)

Kepala SMP Islam Modern Al Faqih.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya