alexametrics

Live Streaming untuk Mengajar IPS Lebih Efektif

Oleh : Juni Hidayati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNDANG-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 1 berbunyi pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Suasana belajar dan proses pembelajaran dilakukan di dalam ruang kelas. Guru dapat mengawasi kegiatan pembelajaran secara langsung. Proses evaluasi dapat dilakukan secara langsung oleh guru yang bersangkutan.

Pandemi Covid-19 menyisakan masalah tersendiri dalam dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang semula di ruang kelas, dialihkan ke dalam ruang virtual yang serba tidak menentu, tidak jelas, dan sulit untuk mengukur hasilnya. Proses pembelajaran dipaksakan menggunakan aplikasi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, keadaan alam, dan sarana sekolah.

Baca juga:  NHT Meningkatkan Motivasi Belajar IPS

Kuota internet menjadi sesuatu yang wajib dimiliki peserta didik dan guru. Kuota internet seakan menjadi nyawa bagi dunia pendidikan selama proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. Materi pelajaran dapat disampaikan dengan adanya internet, tugas dari siswa dapat dikirimkan ke guru berkat bantuan internet. Siswa yang rajin akan mendapat nilai bagus, sementara siswa yang malas akan menerima akibatnya.

Salah satu cara yang saya lakukan untuk mengajar siswa di dunia maya adalah dengan melakukan kegiatan pembelajaran secara life streaming. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Yayasan Tanoto menyediakan fasilitas bagi guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran disiarkan secara langsung baik melalui chanel Youtube maupun Radio Swara Kendal. Beberapa sekolah menyediakan studio mini untuk mendukung upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Mandiri dengan Edmodo

Penulis melakukan kegiatan pembelajaran di studio mini yang dimiliki salah satu sekolah di SMPN Kabupaten Kendal. Sekolah tersebut terletak di tengah kota kabupaten, sehingga harus menuju sekolah tersebut untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Materi yang penulis sampaikan adalah tentang pasar. Sebelum menyampaikan materi, mencari contoh video kegiatan pasar di internet. Kemudian memotret beberapa pasar di Kabupaten Kendal untuk dijadikan contoh. Lantas foto tersebut disusun ke dalam power point. Bersama tim dari Kendal Pintar Berbagi penulis mengajar secara live streaming.

Setelah pembelajaran, ada sesi tanya jawab dengan peserta yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasilnya di luar ekspektasi, siswa SMPN 2 Gemuh yang mengikuti kegiatan pembelajaran sangat banyak. Bahkan kegiatan pembelajaran diikuti ratusan siswa se-Kabupaten Kendal. Mereka antusias dengan materi tentang pasar yang dikemas dalam video. Melalui foto tentang kondisi pasar di Kabupaten Kendal membuat siswa mengetahui bagaimana pasar di Kabupaten Kendal.

Baca juga:  Penggunaan Quizziz di Tengah Pandemi Tingkatkan Prestasi Siswa

Pandemi Covid-19 merupakan kenyataan pahit yang harus dihadapi dan harus dijalani. Pembelajaran jarak jauh merupakan keharusan. Kesehatan lebih utama dari segalanya. Walaupun pembelajaran berjarak jauh, tidak boleh mengabaikan pendidikan anak bangsa. Segala cara wajib dilakukan untuk mendidik siswa tetap mau belajar dan mengasah kemampuan dirinya. Guru dituntut kreatif menggunakan berbagai media dan cara untuk menyampaikan materi pelajaran. Guru harus selalu belajar untuk mengembangkan keprofesiannya. (kd/ida)

Guru IPS SMPN 2 Gemuh, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya