alexametrics

Tingkatkan Kreativitas dengan Pembelajaran Gallery Walk pada Materi Sistem Respirasi

Oleh : Nadya Putri Lisna S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BIOLOGI merupakan mata pelajaran yang sangat kompleks. Pembelajarannya bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mempelajarinya, perlu pembelajaran yang efektif guna mampu mencapai kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran.

Pembelajaran merupakan proses yang melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Dalam proses pembelajaran, guru memberikan bimbingan dan menyediakan berbagai kesempatan yang dapat mendorong peserta didik belajar untuk memperoleh pengalaman yang efektif dan menyenangkan.

Di sini, saya selaku guru pengampu mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 8 Purworejo menggunakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, khususnya pada materi Sistem Respirasi pada Manusia. Model pembelajaran yang penulis gunakan adalah Gallery Walk atau metode keliling kelompok. Metode ini memiliki tujuan agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan pendapat mereka.

Baca juga:  Pembelajaran Menulis Puisi Lebih Mudah dengan Spider Concept Map

Menurut Maulida (2017), model pembelajaran kooperatif Gallery Walk adalah model pembelajaran yang dapat merangsang serta memperkuat daya ingat peserta didik dalam proses pembelajaran, karena apa yang peserta didik pelajari dilihat dan dianalisis secara langsung, bukan hanya dilihat melalui gambar semata.

Pembelajaran yang menerapkan metode Gallery Walk, dengan cara peserta didik mendiskusikan hal-hal yang mencakup pengetahuan baru dalam pembelajaran. Hal-hal yang ditemukan pada saat diskusi kelompok ditulis dalam kertas plano, kemudian ditempel di dinding kelas untuk dilihat kelompok lain. Setiap kelompok mengamati hasil diskusi kelompok lain yang digalerikan, kemudian bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.

Langkah-langkah dalam metode Gallery Walk adalah, peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, peserta didik berdiskusi tentang materi yang dibahas terdahulu, setiap kelompok menempelkan hasil diskusi di depan kelas, kelompok diberikan kesempatan untuk mengelilingi hasil diskusi setiap kelompok dan diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada kelompok lainnya.

Baca juga:  Belajar Matematika Menyenangkan dengan Game Quizizz

Penerapan model Gallery Walk dapat mengatasi kendala-kendala pembelajaran, seperti materi yang tidak dimengerti oleh peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik belum maksimal. Penerapan strategi ini dapat membuat peserta didik lebih mudah memahami pelajaran.

Karena strategi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat suatu karya dan melihat langsung kekurangpahamannya dengan materi tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat hasil karya teman yang lainnya, sehingga dapat saling mengisi kekurangan itu.
Ketika penulis menggunakan model pembelajaran Gallery Walk ini, kegiatan belajar mengajar di kelas terasa sangat efektif dan kondusif.

Para peserta didik sangat antusias dalam menyiapkan materi yang akan digalerikan. Berbagai kreativitas dituangkan oleh setiap kelompok pada hasil kerjanya dan sangat memuaskan. Pun ketika mereka berkeliling melihat hasil kerja kelompok lainnya, pembelajaran menjadi sangat aktif dan menyenangkan.

Baca juga:  Efektifitas Pembelajaran IPS melalui Mind Mapping dengan Aplikasi Gitmind

Pembelajaran dengan model Gallery Walk ini bertujuan agar dalam proses pembelajaran, peserta didik bukan hanya mendapatkan ilmu pengetahuan tentang materi. Tetapi dilatih untuk berbagi informasi dan saling berinteraksi dengan peserta didik lainnya untuk memberikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain.

Dengan pembelajaran seperti ini diharapkan akan lebih menghidupkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran serta mendapatkan hasil belajar peserta didik tinggi memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan dan meningkatkan kreativitas serta keterampilan peserta didik dalam bereksplorasi. (p8.2/ida)

Guru Biologi SMA Negeri 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya