alexametrics

Pengunggahan English SAS di Youtube, Tingkatkan Hasil Menulis Siswa

Oleh: Antonius Hariadi Sulistyono,S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DI masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), pembelajaran siswa di sekolah tetap berjalan. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dilaksanakan secara terbatas walaupun ada sekolah yang sudah melaksanakan PTM secara 100%. Hasil pembelajaran semua mata pelajaran masih kurang maksimal seperti halnya pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Sehingga itu menyebabkan kemampuan berbahasa siswa masih kurang. Padahal kemampuan berbahasa sangat penting sebagai sarana berkomunikasi.

Komunikasi berbahasa siswa sangat kurang saat ini karena situasi dan kondisi pandemi. Ini dialami siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VII Semester 1 SMP. Dalam pembelajaran menulis (writing) materi, siswa sering meremehkan dalam menjawab pertanyaannya. Siswa merasa sudah benar merespon materi ini. Seperti contoh, siswa dalam menjawab ungkapan terima kasih (thanking) dan minta maaf (apologizing) dengan menjawab yes atau no saja padahal jawaban itu kurang tepat.

Sehingga kenyataannya, hasil pengetahuan menulis siswa materi ini dalam PH, PTS 1 dan PAS 1 banyak yang menjawab salah dan mendapat nilai kurang baik. Akhirnya hasil belajar siswa kelas VII dalam menulis materi ini mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Ini terjadi ditempat penulis di SMP Negeri 1 Bawen saat pembelajaran setiap tahunnya.

Baca juga:  Kecemasan Siswa saat PJJ, Perlu Perhatian Menyeluruh

Melihat kondisi tersebut maka penulis berusaha menggunakan metode pembelajaran yang mudah dengan teknologi yang tepat. Yakni melalui multimedia yaitu pengunggahan hasil praktik siswa melalui English Sing A Song (SAS) di youtube dalam pembelajaran materi ini. Praktik ini berguna untuk mendukung proses memperdalam materi ini untuk persiapan menghadapi evaluasi dan memperlancar cara merespon materi ini secara lisan/ tertulis.

Adapun sintak atau langkah metodenya yaitu guru membuatkan atau menggubah lagu berbahasa Inggris dengan materi ini atau siswa dapat membuat atau menggubah sendiri tetapi dengan materi yang sama. Selanjutnya siswa menyanyikannya dalam bahasa Inggris. Langkah berikutnya siswa membuat videonya sendiri. Terakhir, siswa dapat mengunggahnya di youtube di channel guru. Guru melihat hasil siswa di link youtube. Guru memberi nilai dan mengomentarinya.

Baca juga:  Pahami Konsep Matematika dengan Kotak SPLDV

Guru melanjutkan evaluasi pada siswa atau memberikan tes menulis untuk materi ini. Metode memakai video dan youtube gunanya untuk membantu siswa mempermudah mengingat materi karena melalui lagu akan menarik minat siswa dalam menjawab pertanyaan materi ini dengan benar dan siswa termotivasi untuk belajar materi ini karena meraka belajar sembari bernyanyi.

Penggunaan lagu dalam pembelajaran dapat menghilangkan kejenuhan belajar, menciptakan suasana santai, dan dapat memberikan kesenangan kepada pembelajar. Dalam segi akademik, penggunaan lagu dalam kegiatan belajar sebagai media dalam pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan materi menambah perbendaharaan kata makna kata, hasil belajar apresiasi, dan meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai perasaan (Muna, 2006).

Menurut penulis, penggunaan lagu ini siswa lebih dapat menikmati dan tertarik untuk belajar. Publik pastilah sudah mengenal istilah youtube. Situs ini merupakan penyedia layanan berbagai video populer, tidak hanya dapat menonton tetapi bisa upload-download ke dalamnya (Rudi Haryanto 2009: 118). Menurut penulis, pengunggahan video hasil lagu siswa di youtube membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Baca juga:  Guru Harus Memahami Metode Pembelajaran PABP

Penulis sudah melakukan penelitian dengan meneliti kertercapaian hasil belajar menulis bahasa Inggris siswa dalam penggunaan multimedia pembelajaran lagu yang diunggah ke youtube untuk meningkatkan hasil belajar menulis Bahasa Inggris dalam materi menanggapi ungkapan terima kasih dan minta maaf ini di kelas VII C SMPN 1 Bawen Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar menulis bahasa Inggris siswa meningkat dan hampir semua siswa tuntas KKM. Sedangkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris meningkat dalam kategori tinggi.

Penggunaan metode pembelajaran dengan pengunggahan hasil praktik siswa melalui English Sing A Song (SAS) di youtube dalam pembelajaran materi ini dapat dijadikan salah satu metode yang dapat diterapkan oleh guru yang mengajar bahasa Inggris kompetensi menulis materi menjawab (responding) ungkapan terima kasih (thanking) dan minta maaf (apologizing) dan guru yang lain juga dapat menerapkannya untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi lainnya. (ump1/zal)

Guru SMPN 1 Bawen, Kab. Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya