alexametrics

Pembuatan Denah Rumah, Kenalkan Geografi Sejak Dini

Oleh: Siti Muamanah, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN membaca dan membuat denah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan. Pentingnya mengenalkan kosa kata kanan, kiri, depan, belakang, samping, tempat-tempat umum dan nama jalan akan membantu siswa dalam kehidupan keseharian mereka sehingga menjadi pembelajaran yang bermakna.

Menurut Rosser dalam (Dahar, 1988: 141) bahwa belajar bermakna dapat terjadi bila memenuhi tiga komponen yaitu materi pelajaran harus bermakna secara logis, siswa harus bertujuan untuk memasukkan materi itu ke dalam struktur kognitifnya dan dalam struktur kognitif siswa harus terdapat unsur-unsur yang cocok untuk mengaitkan atau menghubungkan materi baru.

Pembelajaran membaca dan membuat denah dapat mengeksplorasi kemampuan siswa dalam menentukan arah. Pada kelas awal sekolah dasar, kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan dasar sehingga materi membaca dan membuat denah pun disajikan dengan sederhana sesuai dengan pengalaman siswa.

Baca juga:  Mempelajari Bahasa Pemrograman dengan Konsep Visual Berbasis Blok

Kegiatan diawali dengan meminta siswa mengenalkan diri dengan salah satu aspek perkenalan yaitu alamat tempat tinggal. Melalui perkenalan tersebut, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik mengenai jalur yang dilewati siswa dari rumah menuju sekolah.
Sebelum membuat denah arah dari rumah menuju ke sekolah, terlebih dahulu guru memberikan salah satu contoh denah. Dari contoh tersebut siswa diminta untuk membaca denah secara klasikal, tentu saja dengan bantuan guru. Pengenalan arah mata angin juga diberikan untuk membaca denah yang dicontohkan guru. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam membaca denah, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan denah yang ditunjukkan.

Kegiatan selanjutnya adalah membuat denah perjalanan dari rumah menuju ke sekolah. Guru memberikan contoh cara membuat denah perjalanan dari rumah guru menuju sekolah. Tidak lupa guru memberikan penjelasan mengenai arah yang akan membantu siswa dalam membuat denah dengan benar. Dalam kegiatan ini, siswa juga diajak aktif untuk mengungkapkan arah, misalnya menentukan kanan, kiri, barat, timur, utara, selatan, serta menemukan beberapa tempat umum yang dapat digunakan sebagai penanda suatu tempat.

Baca juga:  Asyiknya Berkarya Seni Patung dengan Teknik Pencerminan

Pada akhir kegiatan siswa diminta untuk membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah lengkap dengan nama jalan dan tempat-tempat umum di sekitar rumah siswa. Siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk tahu nama jalan dan tempat umum tersebut. Denah yang telah dibuat selanjutnya dipresentasikan di depan kelas untuk mendapatkan umpan balik dari guru dan teman yang lain.

“Melalui praktik membuat denah ini, saya jadi tahu perbedaan arah utara, selatan, timur, dan barat”, ujar Ilkham, salah satu siswa kelas 3 SDN 4 Bendosari. ”Wah, kalau digambar begini, saya jadi lebih mudah menjelaskan arah dari rumah ke sekolah Bu”, ujar Ainun yang juga merupakan siswa kelas 3.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Membaca melalui Metode Cooperative Script

Pengenalan materi denah tersebut merupakan salah satu materi dasar geografi yang diberikan di kelas awal. Melalui pemberian materi ini diharapkan siswa akan dapat mengenal kondisi geografis di lingkungan terdekat mereka, yaitu dari rumah menuju ke sekolah. (kd/zal)

Guru SDN 4 Bendosari, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya