alexametrics

Pembelajaran Luas Segitiga Menggunakan Sparkol Videoscribe

Oleh : Azwar Filosofi S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PROSES penting bagi perubahan perilaku seseorang dapat diperoleh dengan belajar. Kegiatan belajar selalu dilakukan setiap orang dalam kehidupan ini. Bagi siswa, belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga, menuju ke perkembangan pribadi manusia seutuhnya.

Proses pembelajaran di sekolah tidak dapat terpisahkan dengan media pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran sangat baik jika digunakan, karena dapat membantu guru dalam memberikan pemahaman yang lebih terhadap materi kepada siswa.

Berdasarkan pemaparan tersebut dapat diartikan bahwa media pembelajaran digunakan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran agar siswa mudah memahami materi pelajaran. Selain itu media pembelajaran dibuat agar menjadikan siswa lebih tertarik dan termotivasi pada saat proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berlangsung menyenangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang ada adalah Sparkol Videoscribe.

Baca juga:  Pembelajaran Kontekstual Mempermudah Belajar Berinteraksi Pada Masa Pandemi

Sparkol Videoscribe digunakan untuk membuat video animasi dengan keunggulan bisa digunakan oleh siapa saja tanpa harus ahli dalam bidang multimedia sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh guru untuk membuat video animasi dengan memanfaatkan teknik penjelasan melalui visual berupa gambar dan audio.

Videoscribe membuat guru berinovasi sendiri pada setiap materi dengan gagasan tersendiri. Videoscribe akan menuntun guru untuk membuat materi pembelajaran sesuai keinginan tanpa harus punya keahlian lebih dalam bidang teknologi, hanya memerlukan ide dan kreativitas untuk membentuk cerita dan alur dalam video pembelajaran tersebut. Aplikasi ini bisa dijalankan secara online dan offline serta tersedia versi tak berbayar dengan mendaftar melalui alamat email.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Pecahan dengan Problem Based Learning

Videoscribe mampu mempersingkat konsep yang awalnya panjang menjadi sangat ringkas hanya dengan simbol-simbol gambar yang langsung mengarah kepada apa yang ingin disampaikan dengan hanya sedikit kata-kata atau teks. Tutorial mengenai Sparkol Videoscribe dapat diakses bebas melalui internet, atau bisa melalui pelatihan dalam jaringan.

Pada pokok bahasan segitiga, Sparkol Videoscribe dapat digunakan untuk membantu memaparkan menemukan rumus luas segitiga yang diperoleh dari segiempat yang dipotong menyilang simetris untuk kemudian digabungkan lagi menjadi sebuah bangun segitiga. Guru yang akan membuat animasi terlebih dahulu menyiapkan materi berupa gambar yang diperlukan, antara lain gambar segitiga, segiempat, tanda panah dan gambar lain yang sekiranya diperlukan. Untuk teks, sudah tersedia dalam aplikasi dengan sentuhan yang menarik, yaitu seakan teks yang dibuat sedang ditulis tangan pada saat itu.

Baca juga:  Bermain, Belajar Gaya Baru Matematika pada Siswa SD Kelas Rendah

Ada animasi tangan yang sedang memegang pensil, spidol ataupun pena. Setelah itu dibuat kerangka untuk menyusun materi tersebut menjadi semacam film dengan alur lurus yang baik. Ketika semuanya sudah tertata, termasuk berapa durasi animasi yang akan digunakan, guru bisa menambahkan musik latar belakang dan juga menambahkan audio dari suara guru sendiri dengan tujuan menambahkan penekanan terhadap animasi tersebut. Langkah terakhir adalah dengan melakukan rendering, yaitu mengubah bentuk file dalam hal ini menjadi file video mp4.

Video hasil karya guru bisa dipresentasikan di depan kelas dengan menggunakan proyektor. Bisa juga diunggah ke media sosial kekinian yang sering digunakan dalam pembelajaran. (wa1/ida)

Guru Matematika SMPN 3 Kandeman, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya