alexametrics

Cara Menghafal Satuan Panjang dengan Cepat

Oleh: Endang Yugantriningsih, S. Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KETERCAPAIAN tujuan pembelajaran suatu materi disebabkan beberapa faktor. Diantaranya peserta didik sulit mengingat materi yang disampaikan guru. Seperti yang disampaikan Rayanda Ashar (2012:8) bahwa metode pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana.

Salah satu cara memudahkan peserta didik mengingat materi yang disampaikan guru adalah dengan metode Jembatan Keledai. Pemilihan metode menghafal dengan mudah dan cepat itu harus disesuaikan dengan materi yang disampaikan guru.

Guru hendaknya dapat memilih Jembatan Keledai yang mudah diingat peserta didik. Selain itu juga harus menarik. Salah satu contoh Jembatan Keledai yang menarik dan mudah dipahami siswa dan familier yaitu penggunaan Jembatan Keledai dalam pembelajaran muatan pelajaran Matematika kelas 4 pada materi pengenalan satuan panjang.

Baca juga:  Belajar Akuntansi Lebih Efektif dengan PBL

Kegiatan pembelajaran untuk mengenal satuan panjang agar dengan mudah diingat siswa adalah dengan membuat tangga yang terdiri dari tujuh tingkatan. Tingkatan dibuat dari satuan panjang yang paling panjang. Kemudian menurun satu tingkat satu tingkat hingga sampai satuan panjang paling kecil. Urutan tangga antara lain: Kilometer, Hektometer, Dekameter, Meter, Desimeter, Centimeter, Millimeter.

Pengalaman penulis di kelas 4 pada materi pengenalan satuan panjang pada muatan pelajaran Matematika di SDN 1 Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal dengan teknik menghafal dengan bantuan Jembatan Keledai membuat siswa lebih tertarik. Pembelajaran menyenangkan yang berimbas pada hasil pembelajaran bagus.

Dalam hal ini guru menyiapkan Jembatan Keledai yang digunakan mempermudah mengingat satuan panjang yaitu: Kilometer disingkat KAMU, Hektometer disingkat HARUS, Dekameter disingkat DATANG, Meter disingkat MEMBAWA, Desimeter disingkat DUA, Sentimeter disingkat CANGKIR, dan Milimeter disingkat MINUMAN.

Baca juga:  Integrasi Literasi Sains Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Dengan demikian singkatan Jembatan Keledai dalam pengenalan satuan panjang adalah “kamu harus datang membawa dua cangkir minuman”. Setelah hafal kemudian siswa membuat tangga yang jumlahnya tujuh tingkat menjadi lebih mudah dan urut. Siswa kemudian menuliskan satuan panjang di samping tangga dengan benar. Yaitu tangga ke tujuh dituliskan KM, tangga ke enam HM, tangga kelima DAM, tangga keempat M, tangga ketiga DM, tangga kedua CM, tangga ke satu MM.

Setelah tujuh tangga tersusun beserta tulisan satuan panjangnya, kemudian siswa bersama kelompoknya diberikan tugas menyusun tangga satuan panjang dengan benar dan urut tanpa bantuan guru. Siswa mengerjakan pada selembar kertas HVS yang diberikan guru. Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menyusun tangga satuan panjang dengan mudah. Karena peserta didik telah dibekali contoh yang dipaparkan guru di papan tulis dengan bantuan Jembatan Keledai.

Baca juga:  Memanfaatkan WhatsApp untuk Pembelajaran Daring pada Pandemi

Tugas membuat tangga satuan panjang dilakukan dengan berkelompok. Selain itu peserta didik juga mengerjakan tugas secara individu berupa membuat tangga beserta ukuran satuan panjangnya. Teknik menghafal mudah dan cepat dengan cara membuat Jembatan Keledai ini tidak hanya bisa digunakan untuk muatan pelajaran Matematika saja. Tetapi bisa diterapkan dalam pembelajaran muatan pelajaran yang lain. (kd/fth)

Guru SDN 1 Karangmalang, Kecamatan Kangkung, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya