alexametrics

Asyiknya Akuntansi dengan Permainan Angka Transaksi

Oleh : Drs. Mawardi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sebagian besar siswa SMA yang baru belajar akuntansi menganggap pelajaran ini sulit dan rumit. Padahal jika dipahami dan ditekuni dengan baik sungguh sangat mengasyikkan. Bisa saja siswa yang awalnya tidak menyukai berubah sebaliknya. Tentu tidak lepas dari peran guru untuk mengemas siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang menggunakan format microsoft excel dan tidak lagi dengan format kertas manual. Karena itu sejak awal semester, guru harus merencanakan dengan membuat format program microsoft excel.]

Misalnya pada sheet 1 berisi identitas siswa, sheet 2 memuat nama perusahaan, neraca saldo awal periode akuntansi dan kalimat transaksi, sheet 3 memuat jurnal umum atau jurnal khusus dan seterusnya sampai dengan sheet terakhir, yaitu neraca saldo setelah penutupan.

Pekerjaan atau tugas akuntansi bisa dimulai dari format dibuat guru berupa neraca saldo awal periode. Lengkap dengan kolom nomor akun, nama akun, jumlah debit dan kredit yang harus seimbang (balance). Guru harus mengarahkan secara intensif siswa jumlah nominal mana yang akan dirubah. Agar tiap siswa berbeda-beda namun tetap balance. Dan usahakan semua angka harus berada pada cell sehingga bisa dibuat link untuk sheet berikutnya.

Baca juga:  Tingkatkan Belajar Bilangan Berpangkat dengan STA

Tahun pelajaran 2021/2022 penulis sebagai guru SMA Negeri 8 Purworejo menentukan nominal rupiah untuk 7 kelas sebagai berikut: Modal awal neraca saldo kelas XII MIPA1 Rp 41.000.000; XII MIPA2 Rp 42.000.000; XII MIPA3 Rp 43.000.000 ; XII MIPA4 Rp 44.000.000 ; XII MIPA5 Rp 45.000.000 ; XII IPS1 Rp 41.500.000 dan XII IPS2 Rp 42.500.000 . Pada sheet kalimat transaksi, guru bisa dengan penuh kemerdekaan bermain-main angka. Misalnya transaksi dengan angka uang nominal Rp 10.000.000 maka digit angka ke-2 dan ke-3 harus berdasarkan nomor urut siswa. Nomor urut 1 angkanya Rp 10.100.000; nomor urut 5 angkanya Rp 10.500.000; nomor urut 17 angkanya Rp 11.700.000 dan seterusnya.

Sheet-sheet berikutnya adalah penyusunan jurnal umum untuk akuntansi perusahaan jasa dan jurnal khusus untuk akuntansi perusahaan dagang. Dilanjutkan buku besar dan neraca saldo. Untuk jurnal dilengkapi rekapitulasi. Pemahaman analisis debit-kredit tentu harus dikuasai siswa agar tidak salah aplikasi.

Baca juga:  Mudahnya Belajar Menyusun Laporan Harga Pokok Produksi lewat Video

Selama proses pengerjaan guru terus memandu siswa agar tidak terjadi kesalahan. Misalnya salah menjumlahkan saldo, salah menghubungkan link angka, salah mencatat akun debit dan kredit atau salah menghitung perkiraan. Adrenalin siswa pasti meningkat ketika neraca saldo akhir periode tidak seimbang. Mereka akan berusaha untuk mengecek kesalahan yang terjadi dalam analisis debit-kredit, khususnya saat penyusunan buku besar atau leger.

Setelah sukses penyusunan neraca saldo, adrenalin siswa dibangkitkan kembali saat menyusun kertas kerja dan laporan keuangan. Dengan lebih dahulu menyusun jurnal penyesuaian . Saat penyusunan kertas kerja para siswa akan sangat senang jika jumlah kolom bawah neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah disesuaikan, laba-rugi dan neraca akhirnya dalam keadaan balance . Dikuatkan lagi saat masuk link laporan keuangan menghasilkan neraca akhir yang balance.

Baca juga:  Peran Generasi Milenial dalam Perangi Hoax

Untuk mengecek apakah siswa sudah bekerja dengan baik dengan link ms. Excel guru bisa mengubah-ubah angka pada cel transaksi . Bisa terjadi ada siswa yang senang kegirangan atau sebaliknya sedih dan murung karena hasil akhirnya tidak balance. Dalam kondisi ini guru harus menghibur dan mencari jalan keluarnya.

Kesempatan terakhir untuk uji adrenalin siklus akuntansi adalah tahap penutupan. Dimulai penyusunan jurnal penutup, buku besar setelah penutupan dan neraca saldo setelah penutupan . Guru harus kembali menjelaskan link-link yang berkesinambungan. Agar menghasilkan angka neraca saldo setelah penutupan (NSSP) yang begitu indah. Yaitu balance. (pb.3/fth)

Guru Ekonomi SMA Negeri 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya