alexametrics

Fitur Google Form Pemermudah Evaluasi Guru pada PTM Terbatas

Oleh: Ahmad Sokhif, S.Ag

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, LEMBAGA pendidikan dasar dengan minimnya fasilitas dan sumber daya pengajar yang minim akan pengetahuan teknologi akan memgalami banyak kendala dalam penerapan pembejaran secara daring. Sebab pada era new normal saat ini Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru 2021/2022 mengacu pada Kebijakan PPKM dan SKB 4 Materi, bahwa menyikapi kondisi pandemi Covid-19 saat ini pembelajaran ditahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Materi tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu dengan adanya pembelajaran tatap muka terbatas peran tenaga pendidik dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Guna mendukung pembelajaran secara daring akan sangat mendukung tercapainya hasil belajar yang maksimal walaupun adanya pembatasan PTM.

Media pendukung yang harus dipelajari atau dikembangkan oleh beberapa sekolah yaitu media atau fitur google form. Sebab sudah tidak diragukan lagi keefektifan dari media ini dan terbukti banyak penelitian yang berhasil menggunakan media google form ini.

Baca juga:  Terapkan Model Example Non-Example dalam Materi Kegiatan Ekonomi

Kelebihan media google form disini adalah kita dapat menampilkan tema yang unik dan menarik sesuai dengan kebutuhan kita sehingga pengguna dapat mengisi dengan senang hati dan relaks. Disamping itu fitur ini juga dapat mempermudah kita sebagai tenaga pendidik dalam melihat hasil yang diisi oleh responden secara cepat dan otomatis. Seperti pada mata pelajaran Matematika yang telah dijelaskan terlebih dahulu materi, kemudian guru menggunakan fitur google form untuk mengevaluasi hasil belajara dari peserta didik.

Nantinya guru dapat mendesain sendiri kuis yang akan diberikan kepada peserta didik, langkah pertamanya yaitu guru masuk halaman google form bisa mengakses melalui halaman drive.google.com dan selanjutnya login dengan akun gmail. Setelah berhasil masuk maka tekan tombol titik sembilan yang berada di pojok kanan sebelah foto profil. Setelah muncul tampilan maka pilih icon formulir. Setelah bisa masuk tekan tombol (+) atau kosong, untuk membuat formulir baru.

Baca juga:  Lagu Bangun Timur Aktifkan Pembiasaan Positif di Masa Pandemi

Selanjutnya tinggal bisa mengisi dengan menyesuaikan kebutuhan kita, misal dalam mata pelajaran Matematika maka formulir judul atau judul dari kuis ini adalah “Mencari volume bangun ruang”, sedangkan deskripsi formulir dapat diisi materi yang diujikan pada kuis ini.

Selanjutnya masuk pada form pertama yaitu berisi tentang data diri “Nama Lengkap” dan cara pengisiannya jawaban singkat, maka pilih opsi “jawaban singkat” pada sebelah kanan. Dan selanjutnya dapat menekan icon (+) disebelah kanan untuk menambah form baru, pada form ini bisa berisi tentang soal pilihan ganda, contoh pada kolom pertanyaan berisi “Yakin dan percaya dengan kemampuan diri sendiri disebut ….” kemudian jawabnya pilih “pilihan ganda” dan akan muncul “opsi 1” kemudian isi dengan jawaban pilihan dan begitu sampai ada empat jawaban pilihan ganda. Dan begitu seterusnya pada soal-soal selanjutnya.

Baca juga:  Menonton Tayangan Film Memudahkan Siswa Menulis Cerpen

Setelah soal selesai dan google form pun siap dikirim, bisa melalui share link di grup kelas. Adapun cara guru mengecek hasil jawaban atau responden, maka guru dapat menekan kolom bagian “Pertanyaan-Jawaban-Setelan” maka pilih jawaban, dan jiki sudah ditekan maka akan terlihat siapa saja yang telah mengerjakan dan secara otomatis.

Permasalahan dari kelas 5 MIS Menjangan Kecamatan Bojong dapat membuahkan hasil, dari hasil belajar yang kurang menarik siswa, pembelajaran yang sangat menjenuhkan. Dan harapan penulis tercapai meskipun 75% dapat tercapai pembelajarannya yang didapat.

Sehingga dapat kita simpulkan dengan pemanfaatan teknologi pada fitur google form ini dapat memudahkan atau mendukung guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran dalam masa PTM terbatas. (cd3/zal)

Kepala Sekolah dan Guru Matematika MIS Menjangan, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya