alexametrics

Make A Match Membuat Pembelajaran Semakin Asyik

Oleh : Rohmiasih S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Salah satu pembelajaran yang dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar (SD) adalah pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika siswa dituntut konsentrasi penuh untuk memahami materi apa yang disampaikan guru ketika menyampaikan materi di kelas. Harapannya, pembelajaran di kelas berlangsung dengan baik.

Hal ini menuntut guru kelas di SD untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam memilih model atau metode pembelajaran. Dengan begitu, kreativitas pengajar akan membangkitkan aktivitas peserta didik ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Tentu saja, target belajar dapat tercapai dengan maksimal.

Pembelajaran matematika untuk siswa kelas 2 semester 2 Kompetensi Dasar (KD) 3.6 menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan media langsung yang berkaitan dengan pengukuran panjang ini diterapkan melalui model pembelajaran make a match.

Baca juga:  Bercerita Bersama Sarung Tangan Ajaib

Pembelajaran make a match merupakan bentuk pembelajaran cooperative learning. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran melalui kelompok kecil siswa untuk mencapai tujuan belajar (Depdiknas, 2003:5). Dalam model pembelajaran ini, siswa diminta mencari jawaban/soal dalam kurun waktu tertentu. Siswa yang mampu menemukan pasangan kartu yang dimilikinya akan mendapatkan poin. Sebaliknya yang gagal menemukan pasangan jawaban akan dikenai hukuman/sanksi.

Selain itu, model pembelajaran make a match membutuhkan ketelitian, kecermatan, ketepatan, dan kecepatan siswa dalam memasangkan/mencocokkan kartu yang dipegang sambil belajar mengenai suatu konsep dalam suasana yang menyenangkan. Metode ini dapat digunakan untuk membangkitkan aktivitas peserta didik belajar dan cocok digunakan dalam bentuk permainan.

Langkah-langkah make a match, pertama, guru sebagai fasilitator pendidikan menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Kedua, setiap siswa mendapat satu buah kartu. Ketiga, tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.

Baca juga:  Pembelajaran Operasi Aljabar dengan Model TGT

Keempat, setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban). Kelima, setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. Keenam, setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. Ketujuh, demikian seterusnya. Kedelapan, kesimpulan/penutup.

Ketika berlangsung pembelajaran siswa kelas II SD Negeri 1 Purwojati merasa asyik melakukan skenario pembelajaran. Siswa aktif memecahkan persoalan yang dihadapi yang berkaitan dengan pengukuran panjang. Saling kerjasama bagi anggota yang satu kelompok untuk menemukan pasangan/jawaban yang sesuai. Di sesi akhir permainan ada salah satu kelompok yang menjadi pemenang karena dapat memasangkan kartu soal dengan jawaban lebih banyak. Sedangkan kelompok yang lainnya kalah karena lebih sedikit memasangkan kartu soal dengan jawaban.

Baca juga:  Memanfaatkan WhatsApp untuk Pembelajaran Daring pada Pandemi

Beberapa kelebihan dari model pembelajaran make a match adalah suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran, kerjasama antarsesama siswa akan terwujud dengan dinamis, munculnya dinamika gotong royong yang merata di seluruh siswa. Tetapi perlu diingat, guru pun harus semakin kreatif dalam mempersiapkan pembelajaraan make a match ini agar pengelolaan kelas menjadi tepat serta kegiatan pembelajaran semakin hidup dan mengasyikkan bagi peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran make a match ini menarik untuk diterapkan di sekolah agar pembelajaran menjadi lebih hidup. (ump1/ida)

Guru Kelas II SDN 1 Purwojati, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya