alexametrics

YouTube sebagai Media Pembelajaran Senam Lantai

Oleh : Muhamad Makmuri, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kemajuan teknologi bisa dijadikan media pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Apalagi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang di situ pembelajaran harus praktik. Di mana siswa harus bisa mempraktikkan pembelajaran yang sedang dipelajari.

Salah satunya dengan media sosial atau medsos. Medsos menjadi sarana yang dapat digunakan untuk berinteraksi antarberbagai pengguna yang ada di belahan dunia. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dan lengkap.

Senam lantai adalah salah satu rumpun senam yang dilakukan di atas lantai. Gerakan dari pengertian senam lantai ini ada empat. Yakni mengguling, melenting, keseimbangan, dan loncat. Senam lantai dikenal sebagai cabang olahraga yang aman dilakukan.

Senam berasal dari istilah bahasa Inggris “gymnastic” yang artinya dilakukan di ruang khusus melibatkan performa gerak, kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerak fisik. Begitu juga pengertian senam lantai yang membutuhkan kombinasi tersebut agar manfaat secara mental dan fisik bisa dirasakan.

Baca juga:  Tataran Belajar Tematik Tepat Kelas Rendah dengan Pendekatan Nested

Pembelajaran senam lantai merupakan rangkaian berbagai gerakan yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Senam lantai merupakan salah satu bagian dari senam artistik. Demikian juga dengan senam ketangkasan. Hal tersebut dikarenakan dalam beberapa gerakan senam lantai terdapat gerakan tumbling dan akrobatik. Oleh karena itu, senam lantai dengan senam ketangkasan merupakan satu kesatuan gerak.

Menurut Sayuti Sahara (2010), senam atau gymnastic adalah sistem dari latihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan fisik tubuh melalui latihan gerak tubuh. Muhajir (2010) juga membahas mengenai senam lantai lagi. Ia mengatakan bahwa senam lantai adalah suatu cabang olahraga yang memproduksi gerakan berupa mengguling, melenting, keseimbangan lompat, dan juga loncat. Untuk bisa melakukan kegiatan senam lantai, kamu harus banyak melakukan latihan.

Dalam pembelajaran ini, mengajak siswa aktif berlatih mengungkapkan gagasan atau ide dalam meningkatkan keterampilan gerak. Tanpa harus berinteraksi dengan lawan bicara. Untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif adalah dengan berlatih dan mempraktekkan gerakan senam lantai. Perlu adanya media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam pembelajaran senam lantai.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar PKn Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Hadirnya berbagai media pembelajaran menjadi tuntutan besar bagi pengajar untuk menerapkan dalam kegiatan pembelajaran secara bervariasi, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman. Di era globalisasi penggunaan internet berkembang sangat pesat. Ditandai penggunaan gawai di kalangan siswa yang selalu terkoneksi dengan internet sebagai pembelajaran daring. Siswa dapat mencari berbagai informasi secara daring dalam bentuk nyata atau audiovisual.

Salah satu media sosial yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran secara daring yaitu media sosial YouTube. Hal itu juga penulis terapkan di SMAN 1 Kota Mungkid. Di zaman modern perkembangan teknologi tak bisa dipungkiri dengan banyaknya new media. Salah satu contoh new media adalah YouTube.

Penulis mencoba mengungkapkan perlu adanya pembaharuhan media ajar. Media ajar yang digunakan harus dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik seperti media sosial khususnya YouTube. YouTube saat ini menjadi salah satu tujuan utama generasi milenial untuk mencari berbagai konten edukatif dalam bentuk video.

Baca juga:  Teknik Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa SMK

Dengan hadirnya YouTube tentunya sangat membantu peserta didik maupun tenaga pengajar dalam proses pembelajaran. Terutama di tengah pembelajaran daring. Sistem pembelajaran secara daring membuat peserta didik lebih banyak mengakes berbagai materi pembelajaran melaui koneksi internet. Hal ini tentunya dapat menjadi tuntutan bagi para peserta didik untuk meningkatkan penguasaan keterampilan gerak yang baik kepada peserta didik.

Pemanfaatan media YouTube dalam kegiatan pembelajaran akan memberikan sinergi baru dalam aktivitas pembelajaran senam lantai. Sehingga siswa lebih tertarik dan kreatif dalam pembelajaran senam lantai. Pemanfaatan media YouTube sebagai media pembelajaran telah dilakukan. Yaitu pemanfaatan media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meminimalkan efek negatif dari penggunaan media sosial. (mn2/lis)

Guru SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya