alexametrics

Indahnya MeNaBung Tumbuhkan Peduli dan Berbagi Terhadap Sesama

Oleh : Siti Rodliyah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MeNaBung kepanjangan dari Menebar Nasi Bungkus adalah salah satu kegiatan OSIS SMP Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang. Peduli pengertiannya menurut Pedoman Panduan Penilaian adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah dan memperbaiki penyimpangan dan kerusakan (manusia, alam, dan tatanan).

Berbagi menurut Wikipedia adalah memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita, berbagi juga bisa kepada Tuhan, sesama, alam, dan setiap hal di bumi ini.

MeNaBung diadakan karena disinyalir telah lunturnya rasa peduli empati pada sesama di kalangan generasi muda khususnya pelajar (peserta didik). Hal ini terlihat dari rendahnya tingkat kepedulian peserta didik jika ada di antara mereka yang terkena musibah atau memerlukan pertolongan.

Para peserta didik lebih sibuk dengan gawai dan media sosialnya sehingga kurang peka terhadap kejadian di sekitarnya. Kondisi inilah yang menjadi dasar dilaksanakan kegiatan untuk mengasah dan menumbuhkan karakter peduli dan berbagi yang menjadi salah satu tujuan akhir Standar Kompetensi Lulusan di jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Baca juga:  Belajar Sistem Pernapasan Asyik dengan Metode Take and Give

Kegiatan MeNaBung ini sejalan dengan amanat Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan yaitu kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan.

Pada pasal 7 Standar Kompetensi Lulusan pada sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah/ sekolah menengah pertama luar biasa/ paket B/bentuk lain yang sederajat dirumuskan dalam bentuk deskripsi kompetensi pada point c menunjukkan perilaku terbiasa peduli dan berbagi. Serta kemampuan berkolaborasi lintas kalangan di lingkungan terdekat dan lingkungan sekitar.

Berdasarkan Pedoman Panduan Penilaian, penilaian meliputi tiga komponen yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap, merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui perilaku spiritual dan sosial peserta didik yang dapat diamati dalam kehidupan sehari- hari.

Baca juga:  Indahnya Berbagi dalam Pembelajaran dengan Think Pair Share

Baik di dalam maupun di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Implementasi amanat SKL ini berupa kegiatan berbagi nasi bungkus pada setiap hari Jumat. Tujuan kegiatan ini adalah memenuhi tuntutan SKL untuk menumbuhkan perilaku terbiasa peduli dan berbagi serta berkolaborasi lintas kalangan di lingkungan terdekat dengan sekolah.

Sumber donasi nasi bungkus adalah siswa, guru dan karyawan SMP Negeri 1 Grabag, serta donatur dari luar sekolah. Jumlah dan jenis menu tidak mengikat (bebas) dibungkus rapi dengan kertas minyak (bukan steroform) dengan sayur dan lauk dibungkus terpisah dengan nasi agar tidak cepat basi. Untuk siswa SMP Negeri 1 Grabag waktu donasi dilakukan secara bergilir tiap dua kelas guna mempermudah distribusi dan koordinasi. Koordinasi kelas dipandu oleh wali kelas masing-masing. Waktu pengumpulan mulai pukul 06.30 sampai pukul 08.00. Distribusi nasi bungkus dilaksanakan dua kali yaitu pagi antara pukul 09.00 sampai 11.00 WIB dan pada siang hari setelah selesai salat Jumat.

Baca juga:  Memahami Konsep Listrik Dinamis melalui Mind Mapping

Sasaran pembagian nasi bungkus adalah warga sekitar sekolah, pengendara yang melintas di depan sekolah, jamaah masjid di sekitar sekolah. Dan pondok pesantren yang ada di lingkungan Grabag, masyarakat yang ada di pasar dan Terminal Grabag serta panti asuhan.

Berbagi nasi bungkus melalui program MeNaBung sejalan dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) khususnya salah satu indikator sikap sosial yaitu perilaku terbiasa peduli dan berbagi. Hal ini juga sejalan dengan harapan pemerintah di masa mendatang untuk menghasilkan generasi muda yang berkarakter Pancasila terutama dalam hal gotong royong. (gr1/lis)

Guru IPA, Koordinator SKL SMPN 1 Grabag, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya