alexametrics

Belajar Luas Lingkaran dengan Metode REACT

Oleh : Toto Rismanto S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA di SD secara garis besar dibagi ke dalam dua cabang yaitu aritmetika dan geometri. Geometri merupakan cabang matematika yang menempati posisi penting untuk dipelajar. Karena geometri digunakan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, seperti memecahkan masalah dengan penggunaan gambar, diagram, dan sistem koordinat.

Pada dasarnya geometri mempunyai peluang lebih besar untuk dipahami siswa daripada cabang matematika yang lainnya. Namun masih banyak siswa yang sulit belajar geometri. Kesulitan siswa dalam mempelajari geometri terjadi pada materi luas lingkaran. Yaitu siswa kesulitan memahami rumus luas lingkaran. Hal ini disebabkan cara guru mengajar.

Guru hanya terpaku pada metode ceramah dengan menuliskan rumus, memberikan contoh soal, dan memberikan tugas-tugas. Siswa sekedar menerima dan menghafal rumus keliling dan luas lingkaran. Akibatnya, pengetahuan yang diperoleh siswa hanya bertahan sementara, karena pengetahuan tersebut tidak dikontruksi sendiri oleh siswa.

Kesulitan siswa dalam mempelajari luas lingkaran perlu diatasi dengan strategi pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat mengembangkan daya matematika siswa dan meningkatkan keaktifan siswa maka diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mengaktifkan, memahamkan, dan mengembangkan daya pikir siswa adalah strategi yang dapat a) mengaitkan materi dengan situasi nyata dan pengetahuan awal siswa, b) melibatkan siswa dalam pemecahan masalah dan manipulasi alat peraga, c) melibatkan siswa untuk belajar secara kooperatif, dan d) memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri, mengaplikasikan, dan mentransfer konsep yang dipelajari.

Baca juga:  Belajar Sistem Tata Surya Menyenangkan melalui Bermain Peran

Strategi pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah strategi REACT. Strategi ini memfokuskan pada pembelajaran yang dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Strategi REACT memuat lima komponen, yaitu mengaitkan (Relating), mengalami (Experiencing), menerapkan (Applying), bekerjasama (Cooperating), dan mentransfer (Transferring).

Mengaitkan (Relating), mempunyai arti bahwa dalam belajar, materi harus dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa atau dikaitkan dengan pengetahuan awal siswa. Mengalami (Experiencing), mempunyai arti bahwa siswa belajar dengan mengalami secara langsung melalui kegiatan eksplorasi, penemuan, dan penciptaan. Menerapkan (Applying), yaitu belajar dengan menempatkan konsep-konsep untuk diaplikasikan pada masalah yang bersifat realistik dan relevan.

Bekerjasama (Cooperating), yaitu belajar dalam konteks saling berbagi, saling menanggapi, dan berkomunikasi dengan siswa lainnya. Mentransfer (Transferring), yaitu menggunakan pengetahuan dalam konteks baru atau situasi baru, yaitu konteks atau situasi yang belum tercakup dalam kelas.

Baca juga:  Belajar Asyik Struktur Jaringan Tumbuhan dengan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Strategi pembelajaran REACT yang terapkan oleh Toto selaku guru kelas VI SDN 05 Semingkir sebagai berikut, sebelum siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan luas lingkaran, siswa diarahkan untuk menemukan rumus luas lingkaran. Yaitu dengan membuat lingkaran pada kertas manila. Kemudian lingkaran ini dibagi menjadi dua belas bagian yang sama besar. Tandai dengan pensil. Potong-potong bagian tersebut mengikuti garis yang sudah dibuat.

Setelah didapatkan 12 potong bagian lingkaran, langkah selanjutnya yaitu potong menjadi dua bagian pada salah satu potongan tersebut. Susun menyerupai persegi panjang. Bangun datar yang serupa persegi panjang ini diangggap sebagai persegi panjang. Setelah itu, siswa diberikan gambaran tentang aplikasi luas persegi panjang dan keterkaitan antara luas persegi panjang dan luas lingkaran.

Baca juga:  Home Visit Metode Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi

Keterkaitan ini akan memberikan pemahaman yang kuat pada benak siswa. Hal ini sesuai dengan pendapat Hudojo (1998:7) bahwa informasi baru harus dikaitkan dengan informasi sebelumnya sehingga menyatu dalam skemata yang dimiliki siswa. Dengan demikian dapat diperoleh hubungan bahwa panjang pada persegi panjang sama dengan 1/2 keliling lingkaran, dan lebar sama dengan jari-jari lingkaran. Sehingga dapat diperoleh bubungan bahwa Luas lingkarang sama dengan luas persegi panjang, dimana p=1/2 K =1/2 x 2ԥ x r dan lebar= r. Maka Luas Lingkaran = ԥ x r^2. Setelah siswa mengetahui rumus luas lingkaran, siswa baru diarahkan untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan luas lingkaran.

Pembelajaran dengan strategi REACT dapat membantu siswa kelas VI SD Negeri 05 Semingkir untuk membangun pemahaman pada materi luas lingkaran. Dengan begitu, peserta didik tidak mengalami miskonsepsi atau kebingungan pada saat mengerjakan soal yang berkaitan dengan luas lingkaran. (tt1/ida)

Guru SDN 05 Semingkir, Kecamatan Randudongkal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya