alexametrics

Tingkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning dalam Materi Tematik

Oleh : Murdiyati S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, CIRI seorang guru dikatakan profesional, di antaranya pandai di dalam mengelola kelas atau pandai mengajar, pandai menyampaikan materi, pandai menutup pelajaran, dan anak-anaknya suka belajar bersama. Selanjutnya guru yang menguasai dan terampil menggunakan berbagai pendekatan dan strategi pengelolaan kelas akan dengan mudah dapat menciptakan dan mempertahankan iklim belajar yang baik dan menyenangkan.

Iklim yang demikian itu memberikan peluang kepada siswa untuk mengembangkan potensi-potensi dirinya secara optimal. Cuma masalahnya adalah tidak banyak guru yang mau bersusah payah mencari inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran yang penuh dengan kreativitas.

Agar guru dapat menciptakan suasana fun learning, dibutuhkan penggunaan metode belajar yang tepat. Oleh sebab itu, guru harus bisa memilih metode yang sesuai dengan kondisi anak dan disesuaikan pula dengan materi pelajaran yang akan disampaikan di dalam kelas.

Baca juga:  Belajar Menyenangkan dengan Picture and Picture

Pada anak-anak Sekolah Dasar (SD) khususnya kelas 1, diharuskan menggunakan pembelajaran tematik. Yaitu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Karena anak-anak pada usia ini berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajarannya masih bergantung pada objek-objek konkret dan pengalaman yang dialami.

Belajar menyenangkan sangat perlu dalam proses pembelajaran. Karena sangat membantu peserta didik untuk bisa menjadikan bahan pembelajaran menjadi bermakna, memberi motivasi belajar, dan menyediakan kepuasan belajar. Karena pembelajaran menyenangkan akan membuat anak merasa tidak terbebani dan dipaksa untuk belajar.

Untuk itu, perlu metode yang membuat suasana menyenangkan yaitu Metode Fun Learning. Metode ini mengedepankan kemampuan seorang guru dalam menciptakan suasana hangat dan menyenangkan dalam pembelajaran. Dengan suasana yang hangat dan menyenangkan, apapun yang diajarkan akan mudah diterima dengan senang hati. Bahkan, ketika sesuatu itu mudah diterima, maka anak akan mudah melakukan suatu perubahan.

Baca juga:  Membangun Paradigma Belajar Kimia Menyenangkan

Dari pengalaman penulis saat mengajar di kelas 1 SD pada materi Bahasa Indonesia dengan KD 3.6 menguraikan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar. Maka guru harus selalu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar anak-anak dapat dengan mudah menerima pelajaran tersebut.

Selain itu, kondisi kelas mulai dari tata ruang sampai tempat duduk siswa juga harus diganti. Karena dalam kegiatan belajar mengajar, terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran, yakni pengaturan kelas dan pengajaran itu sendiri. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran tematik menggunakan metode fun learning dapat membuat suasana dalam kelas menyenangkan. Hal itu terlihat antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran. (wa1/ida)

Baca juga:  Media Big Book Tingkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa

Guru SDN 1 Banyutowo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya