alexametrics

Belajar Akord Gitar Melalui Game Aplikasi Guitar Tuna

Oleh : Ria Irawan S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBAGAN Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh dari segala aspek kehidupan. Dalam dunia pendidikan sangat erat dengan segala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga perlu membangkitkan kesadaran tentang era digital kepada peserta didik.

Pembelajaran seni budaya bidang seni musik juga mengalami perkembangan signifikan yang memudahkan peserta didik untuk belajar seni musik. Aplikasi guitar tuna bisa menjadi sarana belajar akord gitar yang dikemas dalam bentuk game atau permainan.

Materi seni musik kelas sembilan semester dua adalah ansambel musik lagu populer. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap.

Dikutip dari dari buku Seni Budaya cetakan kedua untuk kelas 9 (2018) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ansambel berasal dari kata ensemble (Perancis) yang berarti bersama-sama. Musik ansambel merupakan sajian musik yang ditampilkan oleh beberapa orang dalam satu kelompok menggunakan berbagai jenis alat musik.

Baca juga:  Pembelajaran Seni Budaya Berdiferensiasi Akomodasi Keberagaman Minat dan Bakat Siswa

Penggunaan alat musik dalam sajian ansambel dapat menggunakan alat musik yang memiliki unsur melodis, harmonis maupun ritmis. Penyajian musik ansambel yang baik akan merepresentasikan kerja sama yang baik dari kelompok tersebut. Ansambel musik dibagi menjadi dua jenis berdasarkan jenis alat musik yang digunakan, yaitu ansambel sejenis dan campuran.

Pada pembelajaran seni musik ini penulis menyajikan materi ansambel musik sejenis untuk lagu populer pada kelas IX G semester 2 SMP Negeri 1 Warungasem. Ansambel musik sejenis adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik sejenis. Alat musik yang digunakan adalah gitar.

Untuk mempelajari cara memainkan gitar bisa dari berbagai sumber digital seperti youtube. Dalam memahami bunyi dawai dan akord gitar penulis menggunakan aplikasi guitar tuna. Dalam aplikasi ini menyajikan alat untuk menyetem dawai gitar, diagram akord dan belajar akord. Semua disajikan dalam bentuk gambar bergerak sehingga mudah untuk memahaminya.

Baca juga:  Menuju Sekolah Efektif

Mengunduh aplikasi guitar tuna melalui playstore yang tersedia pada gawai android. Langkah-langkahnya sebagai berikut, 1) buka playstore dan cari Guitar Tuna, 2) klik instal kemudian ditunggu sampai proses selesai, 3) buka aplikasi guitar tuna sesuai kebutuhan (menyetem dawai, diagram akord atau belajar akord). Guitar tuna sangat mudah untuk digunakan dimana saja sehingga memungkinkan peserta didik untuk belajar secara mandiri.

Langka-langkah belajar akord gitar menggunakan game yang ada di aplikasi guitar tuna adalah sebagai berikut, 1) menyiapkan alat musik gitar dan gawai android yang sudah terinstal guitar tuna, 2) pilih menu tune untuk menyetel bunyi dawai gitar, 3) setelah dawai gitar disetel sesuai bunyinya, dilanjutkan belajar akord gitar dengan memilih menu tool belajar akord, 4) masuk pada permainan atau game akord gitar yang dimulai dari yang mudah, sedang dan tingkat lanjut, 5) mempraktikkannya dalam alat musik gitar sesungguhnya. Untuk cepat memahami akord gitar peserta didik bisa mengulanginya secara mandiri dan mengaplikasikan langsung pada alat musik gitar.

Baca juga:  Metode CCS Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sejarah

Mempelajari akord terasa mudah dan menyenangkan apabila dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain game akord gitar. Peserta didik sangat antusias dan bersemangat dalam mempelajari akord gitar menggunakan game yang ada di aplikasi guitar tuna. Setelah memahami akord gitar peserta didik langsung mencobakan dalam lagu populer yang sederhana sehingga bisa untuk memainkan lagu secara langsung.

Mengapresiasi lagu-lagu populer juga diperlukan untuk membangkitkan sense of music pada peserta didik sebagai referensi dalam bermain musik dan juga menghargai karya orang lain. (wa1/ida)

Guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Warungasem

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya