alexametrics

Bandicam Mudahkan Memahami Dinamika Persatuan dan Kesatuan

Oleh : Sukadi, S.Pd, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran daring menuntut kemampuan guru menggunakan teknologi informasi. Banyak aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring. Semua aplikasi dirancang untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Hal ini berbeda dengan pembelajaran luring yang dapat leluasa untuk menerapkan strategi dan model pembelajaran. Guru dapat menerapkan aplikasi yang mereka kuasai sebagai sarana pembelajaran agar materi yang harus diberikan peserta didik dipahami dengan mudah.

Mempersiapkan dan membuat bahan pembelajaran dilakukan guru agar kompetensi yang harus dikuasai anak dapat terwujud. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menunjang tercapainya kompetensi yang harus dimiliki anak baik selama pembelajaran atau pada akhir pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan anak dalam menerima materi pembelajaran. Menurut Tijan dkk (2019:4) media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh guru untuk menyalurkan pesan mengenai materi pembelajaran kepada peserta didik. Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

Baca juga:  Tutor Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn selama Pandemi Covid-19

Media merupakan komponen sumber belajar atau sarana fisik yang mengandung materi instruksional yang harus dilakukan peserta didik sebagai rangsangan untuk melakukan pembelajaran. Menurut Soelaiman (2000:265) sumber belajar adalah segala macam alat yang dapat memperkaya atau memperjelas pemahaman peserta didik yang dapat dipelajari.

Dalam pembelajaran media yang dipilih oleh guru disesuaikan dengan kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta didik. Pemilihan media pembelajaran yang tepat lebih mempercepat tercapainya penguasaan kompetensi peserta didik.

Salah satu kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XII yaitu menganalisis dinamika persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks NKRI. Materi ini tergolong rumit jika peserta didik tidak memahami konsepnya dengan benar.

Karena materinya cukup banyak sedangkan yang dibahas dinamika persatuan dan kesatuan dari masa ke masa. Sehingga banyak peserta didik yang mengalami kesulitan memahami materi tersebut. Karena itu, diperlukan media pembelajaran yang tepat agar peserta didik lebih mudah memahaminya. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah aplikasi media bandicam. Aplikasi bandicam dapat digunakan untuk merekam gambar, video, presentasi, layar komputer dengan kualitas hasil yang baik. Perangkat ini dapat digunakan secara gratis.

Baca juga:  Media Poster sebagai Bentuk Cinta Tanah Air UBN pada Masa Pandemi Covid-19

Pada pembelajaran kompetensi menganalisis dinamika persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks NKRI menggunakan media bandicam dalam bentuk presentasi powerpoint. Langkah-langkahnya yaitu guru membuat bahan presentasi melalui aplikasi microsoft powerpoint. Kemudian mengunduh aplikasi bandicam setelah masuk pada aplikasi tersebut guru melakukan presentasi untuk menjelaskan isi bahan tayang.

Dalam presentasi tersebut guru yang sedang presentasi wajahnya dapat dilihat oleh peserta didik dalam layar bersama bahan tayangnya. Sehingga peserta didik tidak hanya membaca isi bahan tayang yang disajikan tetapi juga mendengarkan guru yang presentasi sekaligus dapat melihat wajah gurunya.

Penempatan wajah guru yang presentasi dapat diatur tata letaknya di pojok atas atau bawah sesuai yang dikehendaki. Aplikasi bandicam dapat dimasukkan juga pada LMS, atau schoology atau dikirim lewat WhatsApp. Sehingga dalam pembelajaran daring memudahkan peserta didik untuk mempelajari materi pembelajaran. Selain dapat membaca isi bahan tayangnya juga mendengarkan presentasi dari gurunya. Namun pembelajaran ini masih satu arah untuk menjadi dua arah maka dapat dikombinasikan dengan aplikasi lain seperti LMS, schoology atau WhatsApp.

Baca juga:  Strategi Pembelajaran Seni dengan Pendekatan Kontekstual

Pembelajaran dengan menggunakan bandicam ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata ulangan harian peserta didik di SMAN 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang mata pelajaran PPKn telah melampaui KKM yang ditentukan. (ng2/lis)

Guru PPKn SMAN 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya