alexametrics

Meningkatkan Minat Menulis dalam Bahasa Inggris melalui Gambar dan Vocabularies

Oleh : Rina Lestari, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada umumnya siswa SMP mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Inggris. Siswa cenderung bersifat pasif, bosan dan mengantuk dalam kegiatan proses belajar mengajar. Tak jarang dalam kegiatan belajar mereka kelihatan tegang dalam keterampilan menulis. Siswa tertentu yang kurang memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris lebih memilih menyontek pekerjaan teman atau tidak mengerjakan sama sekali. Apalagi mereka tidak memiliki penguasaan kosakata yang cukup dan kemampuan tata bahasa. Situasi ini sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Untuk itu perlu dicari solusi mengapa hal itu terjadi.

Hal ini dilatarbelakangi berbagai faktor antara lain, kurangnya minat terhadap belajar bahasa Inggris yang mungkin disebabkan kurangnya penguasaan kosakata, buku penunjang dan tata bahasa. Sehingga menyebabkan siswa jadi mengantuk dan bosan dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Baca juga:  Bagaimana Pembelajaran Daring Sejarah di Masa Pendemi Covid 19?

Dalam hal ini faktor guru mempunyai peran yang sangat penting untuk menbangun motivasi dan minat belajar siswa. Maka sesulit apapun materi pelajaran atau proses pembelajaran yang diikuti niscaya mereka dapat menjalaninya dengan senang hati dan percaya diri. Siswa merasa tidak terbebani. Salah satu yg mempengaruhi belajar siswa adalah minat. Menurut The Liang Gie (1994:28), minat merupakan salah satu faktor pokok untuk meraih sukses dalam studi.

Menurut beberapa penelitian mengenai salah satu sebab utama dari kegagalan belajar ialah kurrangnya minat. Minat melahirkan perhatian, memudahkan terciptanya konsentrasi, mencegah gangguan perhatian dari luar, memperkuat melekatnya bahan pelajaran dalam ingatan, dan memperkecil kebosanan dalam dirinya.

Jika tanpa minat akan menghasilkan sesuatu yang tidak menyenangkan. Prestasi seseorang biasanya akan berhasil jika dia mempunyai minat yang tinggi terhadap pelajaran. Dengan demikian minat sangat penting dalam mendukung dan mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Mengapa siswa terkadang merasa terpaksa mengerjakan tugas menulisnya. Mungkin inilah salah satu penyebabnya.

Baca juga:  Ganti PR Biasa dengan PR Berbuat baik

Berdasarkan latar belakang di atas, kita sebagai guru harus meningkatkan minat menulis siswa dalam bahasa Inggris. Berbagai metode harus kita gunakan untuk membuat siswa tertarik dalam keterampilan menulis. Kita harus menggunakan metode yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa.

Apabila siswa memiliki kekurangan dalam penguasaan kosa kata (vocabularies) kita harus melatih siswa untuk menguasai kosakata (vocabularies) dengan jalan memberikan kamus bergambar. Jika siswa memiliki kekurangan dalam penguasaan tata bahasa maka sebelum pembelajaran kita memberikan tata bahasa yang sesuai dengan tingkat pendidikan siswa.

Mengenai kurang menariknya metode yang disampaikan guru sebaiknya guru membantu siswa dengan memberikan metode pengajaran yang aktif dan menarik. Dalam pengajaran keterampilan menulis sebaiknya siswa diberikan kartu bergambar yang membantu siswa untuk membuat kalimat-kalimat yang berkaitan satu dengan yang lain. Dari berbagai metode yang kita lakukan diharapkan dapat mengatasi permasalahan di atas.

Baca juga:  Si Kammi Tumbuhkan Rasa Senang Bahasa Inggris di Masa Pandemi-Covid-19

Berdasarkan latar belakang dan permasalahan di atas dapat kita simpulkan bahwa menarik minat siswa menulis bahasa Inggris dapat kita tingkatkan melaui penguasaan kosakata (vocabulary), penguasaan tata bahasa dan metode pembelajaran yang menggunakan metode bergambar. Sehingga siswa merasa semangat dalam pelajaran bahasa Inggris terutama keterampilan menulis. (mn2/lis)

Guru SMPN 3 Sawangan Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya