alexametrics

Teknik Parafrase untuk Membangun Kualitas Hubungan dalam Konseling

Oleh : Wahidah Fribasari, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Masa remaja atau dengan kata lain adolesence adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Pada masa ini, terjadi proses perubahan baik perubahan hormonal, fisik, psikologis maupun sosial. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi proses pencapaian tugas perkembangan mereka. Masa remaja identik dengan anak-anak usia SMP sederajat. Bagi mereka yang mampu melewati masa remajanya dengan baik, akan sangat membantu dalam pembentukan karakter di masa selanjutnya. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang melewatinya dengan bermacam-macam masalah.

Di sinilah tugas guru BK untuk mendampingi dan membimbing siswa-siswinya agar mereka mampu melewati masa remajanya dengan menyenangkan. Konseling sebagai upaya membantu siswa melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan klien agar klien mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga klien merasa bahagia dan efektif perilakunya.

Baca juga:  Sinema Konseling Moda Daring Tumbuhkan Semangat Siswa Masa Pandemi Covid-19

Salah satu layanan BK yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tembarak, Kabupaten Temanggung adalah layanan konseling perorangan. Dalam sesi konseling, guru BK harus mampu mengaplikasikan keterampilan dasar konseling untuk membantu pengungkapkan dan pemecahan masalah. Salah satu keterampilan yang bisa digunakan adalah teknik parafrase.

Menurut Jamal Ma’mur Asmani (2010 : 212) menangkap pesan (paraphrasing) adalah teknik untuk menyatukan kembali esensi atau inti ungkapan klien, dengan teliti mendengarkan pesan utama klien, mengungkapkan kalimat yang mudah dan sederhana. Dalam teknik ini, guru BK harus mampu menyimak dengan cermat dan kemudian mengulang kembali inti dari apa yang disampaikan oleh siswa dengan menggunakan kata-kata konselor sendiri. Sedangkan menurut Sugiyo parafrase pada dasarnya menyatakan kembali esensi dari pembicaraan, klien akan lebih terdorong untuk menyatakan makna pembicaraannya.

Baca juga:  Mengatasi Kejenuhan Belajar melalui Konseling Berbasis Solusi

Memparafrase pada dasarnya menyatakan kembali esensi dari pembicaraan klien. Hal itu akan mendorong klien untuk menyatakan makna pembicaraannya, melalui keterampilan ini klien akan merasa dalam suasana kebersamaan dan pemahaman dengan konselor.

Yang terpenting dalam teknik ini adalah guru BK bisa menjalin hubungan nyata berlandaskan kepercayaan, kepedulian, dan empati kepada klien. Melalui keterampilan ini, klien akan merasa berada dalam suasana kebersamaan dan pemahaman dengan konselor.

Untuk membantu klien memecahkan masalahnya, terlebih dahulu antara guru BK dan klien harus terjalin hubungan yang baik. Membangun hubungan konseling yang melibatkan klien (rapport) merupakan kunci keberhasilan pada proses konseling selanjutnya. Langkah awal yang bisa dilakukan guru BK pada saat proses konseling adalah membangun iklim yang kondusif dan membangun hubungan timbal balik (feed back), kepercayaan, kebebasan, komunikasi terbuka dan pemahaman umum tentang apa saja yang terlibat di dalam proses konseling. Kemampuan mengidentifikasi dan mencerminkan perasaan klien dan kemampuan mengenali dan memperoleh pemahaman tentang kesulitan dan kebutuhan klien.

Baca juga:  Macapat Menyenangkan dengan H5P

Saat guru BK melakukan wawancara konseling, apabila di tahap awal klien sudah merasa nyaman, maka proses konseling di tahapan selanjutnya juga akan berjalan lebih efektif. Ketika guru BK melaksanakan teknik parafrase, klien akan merasa lebih diperhatikan. Klien juga akan mengemukakan permasalahan dan pendapatnya secara terbuka kepada guru BK.

Guru BK harus senantiasa memperhatikan faktor-faktor yang dapat memudahkan dalam menjalin hubungan dengan klien agar guru BK dapat membantu secara maksimal menyelesaikan permasalahan-permasalahan sesuai dengan yang diharapkan. (pm2/lis)

Guru Bimbingan Konseling SMPN 1 Tembarak, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya