alexametrics

Menariknya Materi Permainan dengan Metode Role Playing

Oleh : Tugas Widodo, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memuat kajian menjelaskan konsep pola gerak dasar lokomotor berdasarkan permainan yang dilakukan. Keterampilan koordinasi gerakan sangat jelas dan dipahami oleh semua siswa. Sebagian kecil keterampilan koordinasi gerakan kurang jelas dan kurang dipahami. Melalui pelajaran PJOK, siswa diarahkan dan dibimbing menjadi lebih efektif.

PJOK adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk memiliki kebugaran dan keterampilan jasmani yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Amirullah (2003: 17) menyatakan istilah terampil juga diartikan sebagai suatu perbuatan atau tugas, dan sebagai indikator dari suatu tingkat kemahiran.

Santrock (2007: 216-217) mengatakan permainan adalah aktivitas menyenangkan yang dilakukan untuk bersenang-senang. Mulyatiningsih, (2011: 236) menjelaskan metode role playing ataupun bermain peran dalam penerapannya dilakukan dengan cara mengajak siswa untuk menirukan suatu aktifitas di luar atau mendramatisasikan situasi, ide, maupun suatu karakter tertentu.

Baca juga:  Presentasi Vlog Menumbuhkan Students Talk dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Games (permainan) merupakan suatu aktivitas yang dapat dilakukan demi kesenangan dan memiliki peraturan. Dengan games (permainan) akan memiliki tujuan supaya siswa dapat memperoleh perubahan perilaku gerak, perilaku berolahraga, dan perilaku sehat.
Penulis selaku guru PJOK SMPN 1 Mungkid, memanfaatkan metode role playing dalam materi permainan. Baik dalam permainan bola besar maupun permainan bola kecil menjadi bagian per bagian dan secara bertahap dari yang mudah ke yang sulit. Sehingga siswa lebih mudah menerapkan dan mempraktikkannya.

Hariyanto (2012: 19) menjelaskan metode pembelajaran adalah seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Metode pembelajaran dianggap sebagai sesuatu prosedur atau proses yang teratur, suatu jalan atau acara yang teratur untuk melakukan pembelajaran. Sedangkan Sanjaya (2011 : 147) menyatakan metode adalah cara untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.

Baca juga:  Belajar Asyik Paham-Paham Besar Dunia dengan Wordwall

Penulis menyimpulkan metode pembelajaran merupakan suatu teknik penyajian yang harus dikuasai guru untuk menyajikan pelajaran pada proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami tentang suatu pengetahuan baik secara teori maupun praktik. Melalui pelajaran PJOK siswa tidak hanya diajak sekadar bermain dalam materi permainan, tetapi dalam materi permainan diajak cara bermain dengan metode yang menarik agar siswa lebih tertarik pada materi permainan tersebut. Sebagai contoh dalam permainan bola voli, belajar passing bawah, agar lebih mudah dalam mempraktikkan, siswa diajak bermain melempar bola ke atas berulang kali dengan kedua tangan dari bawah seperti sikap badan dalam passing bawah.

Kemudian melempar bola ke atas dan setelah bola turun, diangkat dengan kedua lengan menggunakan teknik passing bawah yang sesungguhnya berulang kali, dengan demikian secara tidak sadar permainan tersebut diharapkan siswa dapat melakukan teknik passing bawah.

Baca juga:  Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Snowball Driling

Contoh lain menggiring bola dalam permainan sepak bola, untuk melatih bermain supaya lebih menarik, siswa dapat diajak bermain gobak sodor. Cara permainannya siswa dibagi menjadi dua tim yakni penyerang dan bertahan. Pemain yang bertugas sebagai penyerang harus menerobos lini pertahanan yang dijaga oleh tim bertahan untuk mencapai ujung garis. Permainan gobak sodor ini dapat dilakukan sambil menggiring bola dalam menembus pertahanan lawan, dan penyerang dikatakan tereliminasi jika tersentuh oleh tim bertahan.

Sehingga secara tidak sengaja siswa sudah diajak cara bermain menggiring bola pada permainan sepak bola. Begitu juga dengan pembelajaran materi permainan lainnya, guru PJOK dapat melakukan dengan memanfaatkan variasi-variasi permainan modifikasi yang lebih menarik menuju teknik permainan sesungguhnya.

Disimpulkan metode role playing dapat mempermudah tercapainya kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. (mk2/lis)

Guru PJOK SMPN 1 Mungkid, Kabupaten Megelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya