alexametrics

Teknik Membaca Nyaring Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa

Oleh: Gati Mulyani,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KETERAMPILAN bahasa yang mendasar dalam kehidupan modern ini diantaranya adalah membaca. Kemampuan membaca merupakan salah satu kunci keberhasilan siswa untuk meraih kemajuan. Dengan kemampuan membaca memadai, mereka akan lebih mudah menggali informasi dari berbagai sumber.Untuk itu perlu ditanamkan pada setiap siswa supaya tertanam kebiasaan membaca dan meningkatkan daya minat baca siswa.

Tujuan membaca menurut Tierny, Redence dan Dishner(via Sukartiningsih, 2003 : 21) dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mendapatkan pemahaman mengenai segala sesuatu di dunia ,untuk meningkatkan apresiasi dan perhatian, untuk memecahkan masalah individu maupun kelompok dan untuk mengembangkan strategi-strategi agar siswa dapat memahami segala sesuatu dengan bebas.

Secara logika pemahaman dapat di pandang sebagai pusat pembelajaran membaca, adapun tujuannya adalah memberikan bekal aktivitas belajar kepada siswa agar dapat berfikir. Hal tersebut dapat menunjukkan begitu pentingnya manfaat membaca bagi kehidupan manusia pada masa ini, sehingga setiap siswa diharapkan dapat dan senang membaca.

Baca juga:  Pembelajaran Materi Sistem EFI Lebih Mudah dengan Media EFI Scanner

Begitu pentingnya membaca bagi siswa, dalam membaca siswa harus faham maksud isi bacaannya, untuk memahami isi bacaan ada teknik – teknik membaca, yaitu membaca teknik modern dan teknik membaca tradisional /konvensional. Dalam pembelajaran membaca di kelas 3 sekolah dasar seharusnya sudah lancar dan benar dalam menggunakan ejaan dan intonasi yang tepat, namun ternyata untuk kelas 3 SDN Podosoko 1 Kecamatan Sawangan masih banyak yang belum lancar dan belum tepat ejaan dan intonasinya.

Bagaimana dapat mengerjakan soal – soal dan tugas – tugas kalau membaca saja belum lancar,tentu tidak akan faham apa maksud dari soal itu. Untuk mengetahui peningkatan dan kemajuan membaca siswa Kelas 3 SDN Podosoko 1, saya memngharuskan siswa dalam membaca menggunakan teknik membaca nyaring /membaca bersuara.

Seperti di kemukakan Tarigan (1985) mengatakan bahwa aktivitas yang paling sesuai untuk mencapai tujuan yang terkandung dalam keterampilan mekanis adalah membaca nyaring/membaca bersuara. Teknisnya adalah membaca bersuara secara klasikal dulu, siswa kelihatan yang sudah lancar dan ejaan dan intonasinya benar dan yang salah.Namun dengan cara klasikal tidak maksimal untuk mengetahui yang sudah lancar dan yang belum lancar, kemudian saya tugaskan untuk membaca satu – persatu siswa maju ke depan kelas untuk membaca nyaring /bersuara.

Baca juga:  Peningkatan Hasil Belajar PKn Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD

Dengan cara itu sudah separo lebih yang lancar membacanya dan benar penggunaan ejaan dan intonasinya. Untuk memaksimalkan keberhasilan siswa dalam membaca lancar dan benar ejaan dan intonasinya, siswa setiap pagi sebelum pembelajaran di mulai saya tugaskan untuk membaca buku pelajaran atau buku bacaan yang lain dengan bersuara /nyaring kurang lebih 15 menit.

Hasilnya dalam waktu satu minggu anak – anak sudah hampir semua sudah lancar membaca dan benar dalam penggunaan ejaan dan intonasinya, hanya 1,2 yang belum lancar, karena memang anaknya sering tidak masuk sekolah. Dan untuk selanjutnya setiap pagi sebelum di mulai pembelajaran di haruskan membaca nyaring /bersuara dalam waktu 15menit,yang mau dibaca buku pelajaran atau buku bacaan yang lain,membawa buku bacaan dari rumah juga boleh ,yang penting ada unsur pendidikannya.

Baca juga:  Belajar IPA Menyenangkan dengan Pembelajaran STAD

Alhamdulillah dalam waktu dua bulan semua siswa sudah dapat membaca lancar ,ejaan dan intonasinya juga sudah benar, ternyata dengan membaca nyaring /bersuara sangat cocok dan dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas 3 SDN Podosoko 1. Kalau siswa membacanya sudah lancar maka mereka tidak akan kesulitan dalam memahami soal yang diberikan guru dan membaca lancar dapat untuk bekal dalam memahami materi di jenjang kelas selanjutnya . Membaca nyaring sangatlah penting untuk siswa kelas rendah dalam memahami intonasi dan jeda dalam suatu bacaan ataupun percakapan. (ump1/zal)

Guru SDN Podosoko 1, Kab Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya