alexametrics

Presentasi Vlog Menumbuhkan Students Talk dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Oleh : Widyawati Palupi, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mampu berbicara bahasa Inggris adalah impian semua peserta didik. Sebagai salah satu dari empat keterampilan dalam pembelajaran bahasa, berbicara juga merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai para peserta didik.

Richard (2008) menyatakan dalam pembelajaran bahasa sebagai bahasa asing, keterampilan berbicara adalah hal utama yang harus dikuasai para peserta didik sebagai hasil akhir pembelajaran bahasa. Kenyataan di lapangan menunjukkan sebagian besar peserta didik merasa sulit untuk berbicara bahasa Inggris dengan alasan malu, takut salah, gugup, kurangnya kosakata. Tidak tahu apa yang akan disampaikan dan sebagainya.

Para guru bahasa Inggris memiliki tantangan untuk dapat menyiapkan berbagai variasi kegiatan yang dapat mendukung para peserta didik untuk praktik nyata berbicara bahasa Inggris dengan rasa percaya diri. Setiadi (2011) menyatakan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi para guru bahasa Inggris di Indonesia adalah kurangnya kegiatan komunikatif dalam proses belajar bahasa dimana guru lebih mengutamakan penguasaan tata bahasa para peserta didiknya.

Artinya guru bahasa Inggris perlu aktif berkreasi mengadakan kegiatan-kegiatan yang produktif sehingga dapat mengeksplorasi keterampilan berbicara peserta didik. Untuk menumbuhkan keterampilan berbicara peserta didik dibutuhkan banyak latihan dan praktik nyata. Jika kedua hal tersebut tidak dilakukan maka kemampuan berbicara para peserta didik tidak akan pernah berkembang.

Baca juga:  BK Komprehensif di Masa Pandemi Covid-19

Dalam era pendidikan abad 21 saat ini, P21 Century Skills (2021) menegaskan terdapat beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam era pendidikan abad 21. Antara lain keterampilan 4C (communication, collaboration, critical thinking dan creativity) dan bidang ICT (information computer and technology). Salah satu aspek keterampilan 4C yang perlu diasah sejak dini adalah komunikasi (communication). Sedangkan keterampilan dalam bidang ICT yang dimaksud adalah keterampilan menggunakan sarana teknologi informasi dalam proses belajar para peserta didik sesuai perkembangan zaman saat ini. Antara lain vlog, instagram, youtube, dan sebagainya.

Berdasarkan beberapa hal positif tersebut, penulis berpendapat bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik perlu dimulai sejak dini. Melalui berbagai kegiatan yang menumbuhkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris yang dikaitkan dengan aplikasi media sosial. Itu sebagai salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan keterampilan berbicara bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan presentasi vlog.

Baca juga:  Praktik Pemanfaatan Limbah Sayuran selama Pandemi Jadi Mudah dengan Berkelompok Teman Dekat

Presentasi adalah teknik yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk tampil berbicara (talk activity) untuk mengekspresikan ide-idenya. Hal ini berdasarkan pernyataan Gibbons (2002:14) tentang teori classroom talk bahwa dalam pembelajaran bahasa terutama keterampilan berbicara, talk activity adalah kegiatan yang sangat diperlukan ketika peserta didik belajar bahasa.

Guru dalam teacher talk diharapkan tidak dominan sehingga peserta didik lebih banyak diberi kesempatan berbicara (student talk). Hendrik (2014) menyatakan bahwa presentasi sebagai salah satu cara untuk melatih keberanian peserta didik dalam menyampaikan suatu ide di depan kelas serta efektif dalam melatih keberanian sekaligus keterampilan berbicara.

Purnamasari (2017) menjelaskan arti kata vlog sebagai video dokumentasi yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan. Kegiatan presentasi vlog dapat dilaksanakan di semua jenjang kelas baik secara individu atau kelompok dengan materi jenis teks, antara lain report text, procedure text dan sebagainya.

Kegiatan presentasi vlog disiapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menyampaikan tujuan dan motivasi; guru menyampaikan informasi; guru menentukan kegiatan kelompok atau individu; peserta didik dan guru diskusi tentang materi presentasi; kegiatan pembimbingan oleh guru terkait konsultasi dan revisi; presentasi vlog oleh peserta didik. Pengumpulan vlog dan penilaian; dan kegiatan review dan reward.

Baca juga:  Mudah Belajar Personal Identity dengan Silent Line-Up

Hasil dan dampak kegiatan presentasi vlog adalah tumbuhnya rasa percaya diri dan keterampilan berbicara peserta didik. Sedangkan dampak positif terhadap peserta didik antara lain: peserta didik lebih kreatif dalam menyusun draf presentasi; mendapatkan pengetahuan tentang video editing dengan menggunakan aplikasi Kinemaster atau Filmora, melalui internet tutorial atau tutor sebaya; dan peserta didik menjadi lebih antusias untuk praktik berbicara bahasa Inggris.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan presentasi vlog dapat menumbuhkan semangat peserta didik untuk berbicara (students talk) bahkan rasa percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membekali peserta didik dengan pengalaman berbicara Bahasa Inggris. (mk2/lis)

Guru Bahasa Inggris, SMPN 1 Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya