alexametrics

Pembelajaran CTL Sifat Koligatif Larutan dengan Membuat Es Mambo

Oleh : Budi Swityastuti, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Seiring perkembangan dunia pendidikan, pola pembelajaran terjadi perubahan paradigma dari teaching menjadi learning. Paradigma teaching, mengajar adalah memberitahukan dan memindahkan ilmu dari guru kepada siswa yang tekananya adalah transfer of knowledge. Dimana efek pola pembelajaran ini siswa pasif, sebagai objek, dan pengetahuan adalah satu-satunya tujuan utama yang dicapai.

Sementara paradigma learning, mengajar merupakan aktivitas mengorganisasikan lingkungan supaya siswa dapat belajar. Sehingga siswa memiliki otoritas menentukan arah pembelajaran. Puncak pembelajaran adalah kedewasaan berpikir. Efeknya siswa sebagai subjek dan aktif. Salah satu alternatif pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) adalah Contextual Teaching and Learning (CTL).

CTL merupakan konsep belajar dari guru yang menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas. Mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkonstruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat (Nurhadi, 2003).

Baca juga:  Asyiknya Klasifikasi Makhluk Hidup melalui Pembelajaran TSFS dengan Diagram Roundhouse

Materi Sifat Koligatif Larutan harus dikuasai peserta didik di Kelas XII MIPA semester ganjil. Kompetensi dasarnya menyajikan hasil penelusuran informasi tentang kegunaan prinsip sifat koligatif larutan dalam kehidupan. Indikator pencapaian kompetensi meliputi merancang dan melakukan percobaan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis serta mempresentasikan hasil percobaan. Salah satu sifat koligatif larutan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan mudah cara pembuatannya adalah Es Mambo atau Es Lilin. Jajanan yang disukai anak-anak.

Peserta didik merancang dan melakukan praktek membuat es mambo yang enak dan mudah di rumah. Mereka diberi kebebasan mencari referensi dari berbagai sumber dan bahan-bahan yang digunakan. Laporan hasil praktek dikumpulkan berupa video pembelajaran dan masing-masing kelompok mempresentasikan di depan kelas. Proses belajar yang dilakukan peserta didik sangatlah dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga harapannya ilmu yang mereka peroleh telah dirasakan keberadaanya. Ketika proses belajar berangkat dari peristiwa di sekitar, yang dijumpai di lingkungan sekolah atau lingkungan rumah maka akan membantu peserta didik dalam memahami konsep kimia yang abstrak.

Baca juga:  Mengenal Games Words Web untuk Pembelajaran Bahasa Inggris

Ketika pelajaran yang diikuti peserta didik terpisah dari pengalaman sehari-hari, misalnya hanya didengar tentu akan membuat seseorang mudah lupa. Tetapi belajar sesuatu yang dapat dilihat akan membuat kita mudah ingat. Apalagi jika bisa dilakukan dan diaplikasikan sendiri. Maka akan benar-benar membuat peserta didik menjadi paham.

Peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan merancang, melakukan dan mempresentasikan hasil praktek di lingkungan sekitar akan mendapatkan ruang belajar lebih luas dan mandiri. Posisi guru lebih banyak sebagai pengarah, pembimbing, pemberi fasilitas, dan motivator dalam pembelajaran. Keadaan ini berpotensi untuk membangun konsep pada diri siswa secara mandiri. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik. Untuk melakukan, mencoba dan mengalami sendiri. Tidak sekedar menjadi pendengar pasif. Peserta didik mempunyai pengetahuan dan pengalaman nyata. Berfikir tinggi, berpusat pada siswa, siswa aktif, kritis, kreatif, menyenangkan, tidak membosankan dan menggunakan berbagai sumber belajar. (p8.2/fth)

Baca juga:  Lebih Asyik Berhitung dengan Drinking Straws

Guru Kimia SMA Negeri 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya