alexametrics

Pemanfaatan Canva untuk Media Pembelajaran IPA

Oleh : Triyono M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GURU perlu mempersiapkan kegiatan pembelajaran semenarik dan sebak mungkin agar materi yang disampaikan dapat dipahami suswa. Guru juga harus memperhatikan media pembelajaran yang dipakai supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Media pembelajaran berfungsi sebagai pedoman guru dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan urutan yang sistematis dan membantu dalam penyajian materi yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa (Nurrita, 2018).

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengajak peserta didik bekerja secara ilmiah dan berinkuiri. Peserta didik di jenjang Sekolah Dasar (SD) berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkret. Pada tahap operasional konkret, anak sudah cukup matang menggunakan pemikiran logika dengan bantuan objek fisik yang ada. Dengan begitu dalam belajar IPA, peserta didik membutuhkan objek konkret untuk memahami materi. Maka, guru harus mampu membuat media pembelajaran yang tepat.
Di era perkembangan teknologi dan komunikasi, guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu Canva.

Baca juga:  Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi

Canva merupakan aplikasi online yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif (Rahmatullah et al, 2020). Keunggulan dari Canva yaitu memiliki berbagai macam desain grafis, animasi dan template yang menarik. Sedangkan kekurangan dari aplikasi Canva adalah mengandalkan jaringan internet yang cukup dan stabil. Tidak adanya internet, Canva tidak dapat dipakai dalam proses mendesain media pembelajaran.

Penulis mengambil contoh materi tata surya yang diaplikasikan dalam pembuatan media pembelajaran dengan Canva. Tata surya merupakan salah satu materi pelajaran IPA yang diajarkan di SD kelas 6 semester 2. Tata surya merupakan susunan benda-benda langit yang mengitari matahari sebagai pusatnya. Namun siswa SDN Segiri 02 kelas 6 mengalami kesulitan untuk memahami materi tentang tata surya karena banyak karakteristik yang berbeda yang dimiliki oleh setiap planet.

Baca juga:  Belajar Alat Gerak dan Fungsinya Menarik dengan Media Gambar

Materi sistem tata surya sangat sulit untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa sulit membayangkan keberadaan planet-planet di sistem tata surya yang dipelajari. Meskipun begitu, aplikasi Canva dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat menampilkan objek gambar atau video planet-planet yang ada di sistem tata surya. Dengan begitu, siswa dapat melihat tampilan audio visual dari objek planet.

Membuat media pembelajaran IPA, materi tata surya dengan aplikasi Canva dapat dilakukan melalui gawai maupun laptop. Cara memakainya tidak terlalu sulit sehingga memudahkan guru untuk memakainya.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Canva dalam membuat media pembelajaran adalah sebagai berikut, 1) men-download aplikasi Canva melalui playstore atau membuka di web Canva di www.canva.com. 2) Membuat akun Canva, untuk membuat akun Canva dapat menggunakan akun facebook, google, ataupun email. Pilih salah satu akun dan ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. 3) Membuat desain, setelah membuat akun Canva guru sudah bisa menggunakan Canva untuk membuat media pembelajaran sesuai materi yang dibutuhkan. Banyak pilihan yang bisa digunakan, seperti pilihan kolase, foto, teks, gambar, video, stiker, ilustrasi, dan template.

Baca juga:  Pembelajaran PBL Dukung Siswa Berpikir HOTS pada Materi Siklus Air

Setelah guru memilih desain yang sesuai langkah selanjutnya adalah mengedit dengan mengganti tulisan, gaya tulisan, gambar, dan video tentang materi tata surya. 4) Menyimpan hasil desain, setelah desain selesai dibuat langkah terakhir adalah menyimpan desain dengan cara klik panah bawah dibagian pojok kanan atas, dan otomatis desain akan tersimpan.

Pemanfaatan aplikasi Canva dalam membuat media pembelajaran IPA materi Tata Surya dapat membuat siswa aktif, antusias, dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga materi yang diberikan dapat dipahami oleh siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar mereka. (pr2/ida)

Guru SDN Segiri 02, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya