alexametrics

Menganalisis Dinamika Atmosfer dengan Metode Team Assisted Individualization

Oleh : Dra. Siti Rikhayatun, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kompetensi Dasar Menganalisis dinamika atmosfer meliputi cakupan materi yang cukup banyak. Baik materi berupa fakta, konsep dan prosedur. Guru perlu menyusun perencanaan pembelajaran yang efektif untuk mengantarkan peserta didik mencapai kompetensi tersebut sesuai waktu yang dialokasikan oleh kurikulum.

Kebijakan penerapan zonasi untuk PPDB di Indonesia berdampak positif bagi SMAN 1 Ngluwar karena sekolah mendapatkan peserta didik yang memiliki kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang beragam, baik yang tinggi, sedang maupun rendah.

Penulis di kelas menjumpai peserta didik dengan berbagai keragaman kemampuan tersebut. Ada peserta didik yang belum mempunyai pengetahuan yang dipersyaratkan, tetapi ada juga yang memiliki pemahaman mendalam tentang materi yang diajarkan di kelas. Sehingga yang dilakukan guru membosankan bagi mereka.

Berdasarkan pengalaman, pembelajaran di kelas yang peserta didiknya memiliki kompetensi heterogen sering menjadi kurang efisien. Karena tingkat pencapaian kurikulum masing-masing peserta didik tidak bersamaan. Sedangkan pembelajaran secara individual penuh akan sangat membutuhkan waktu. Metode Team Assisted Individualization (TAI) menjadi salah satu alternatif pembelajaran individual supaya menjadi lebih efisien dan efektif. Pembelajaran TAI menurut Ridwan Abdullah Sani (2013) adalah kombinasi dari belajar kooperatif dengan belajar individual.

Baca juga:  Praktikum Sel Volta dengan Mudah dari Rumah

Di kelas ketika pembelajaran menganalisis dinamika atmosfer penulis menjumpai beberapa peserta didik yang sangat tertarik dengan materi tersebut karena terkait dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga pengetahuan mereka tentang materi ini sudah melampaui peserta didik yang lain.

Peserta didik yang telah mampu menguasai kompetensi tersebut terlebih dahulu, oleh guru diberi tanggung jawab membantu menjelaskan kompetensi tersebut kepada anggota kelompoknya yang belum menguasai. Sehingga semua anggota kelompok akan mencapai keberhasilan.

Pembelajaran geografi di SMAN 1 Ngluwar sudah mencoba menerapkan metode pembelajaran TAI dan telah mampu meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menganalisis dinamika atmosfer. Keragaman kemampuan yang dimiliki siswa di kelas memotivasi penulis untuk merencanakan pembelajaran supaya semua peserta didik mampu belajar secara optimal.

Baca juga:  Fotografi untuk Belajar Perubahan Akibat Interaksi Antarruang

Pembentukan kelompok dimaksudkan agar semua anggota kelompok ikut terlibat dalam aktivitas belajar dan memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Masing-masing peserta didik akan mengembangkan kemampuan berpikir tentang materi yang dipelajari sehingga ada interaksi antarpeserta didik dalam kelompok yang diperoleh dari kontribusi seluruh anggota kelompok.

Suyitno (Arwadi, 2006: 6) berpendapat, pembelajaran metode TAI adalah metode pembelajaran yang berbentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan. Bimbingan dilakukan dalam kelompok kecil oleh yang peserta didik yang pandai kepada peserta didik yang lemah.

Peserta didik yang pandai dapat mengembangkan kompetensi kognitif dan keterampilannya. Sedangkan peserta didik yang lemah terbantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Guru dalam metode ini juga dapat memberikan bantuan individu kepada peserta didik yang membutuhkan.

Langkah-langkah pembelajaran yang menerapkan metode TAI adalah sebagai berikut : membentuk kelompok kelompok kecil yang terdiri dari 3 – 4 peserta didik dengan tingkat kompetensi yang beragam. Setiap peserta didik membaca panduan dan mengerjakan latihan sesuai unit mereka. Selanjutnya jawabannya diperiksa oleh teman satu kelompoknya dengan menggunakan panduan lembar jawaban.

Baca juga:  Layanan Konseling Individu Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Kelompok melakukan diskusi, peserta didik yang sudah menguasai materi terlebih dahulu membantu menjelaskan kepada anggota kelompoknya yang belum menguasai. Guru dapat membantu menjelaskan konsep konsep utama dan spesifik kepada kelompok kelompok. Guru melakukan penilaian dengan menghitung jumlah unit anggota kelompok, dan nilai anggota kelompok pada tes unit. Kelompok yang mencapai kriteria penilaian menerima penghargaan.

Pembelajaran akan menjadi efektif apabila seluruh peserta didik secara aktif dilibatkan dalam memperoleh dan mengorganisasikan pengetahuannya. Pembelajaran dengan menerapkan metode Team Assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan kompetensi peserta didik menganalisis dinamika atmosfer di SMAN 1 Ngluwar sesuai alokasi waktu yang sudah ditentukan. (ng1/lis)

Guru Geografi SMAN 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya