alexametrics

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Atasi Degradasi Moral

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Masalah perilaku siswa di tengah perkembangan digital yang dengan mudah diakses ibarat dua sisi mata pisau yang jika dimanfaatkan akan sangat berguna untuk mendongkrak kemampuan siswa. Sebaliknya, jika disalahgunakan akan merugikan. Banyak siswa yang menyalahgunakan media sosial dengan melihat konten-konten yang tidak senonoh, bermain games secara berlebihan, dan sebagainya, mengakibatkan lunturnya nilai moral dan karakter dalam diri siswa.

Keberhasilan suatu bangsa dalam mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa perlu diimplementasikan untuk mengatasi berbagai karakter dan moral siswa yang saat ini semakin menurun. Pancasila merupakan pedoman hidup kita dalam menjalani suatu kehidupan. Karakter dan moral pada siswa tidak dapat dibentuk secara langsung, tetapi harus dengan pembiasaan dan latihan secara terus menerus.

Menurut Kemdiknas (2011 : 8) dalam rangka memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan telah teridentifikasi delapan belas nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional. Yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Baca juga:  Dengan Joyfull Learning Belajar Matematika Semakin Asyik dan Menyenangkan

Karakter tersebut harus dapat ditanamkan pada diri siswa. Artinya guru harus bisa memasukan nilai dan pendidikan karakter dalam indikator dan kegiatan pembelajarannya. Guru dapat menyampaikan materi atau memberikan soal yang mengandung nilai-nilai Pancasila misalnya nilai nasionalis, pantang menyerah, peduli terhadap lingkungan, gotong royong, peduli terhadap sesama, musyawarah dan lain-lain.

Degradasi moral pada siswa yang terjadi saat ini sangat diperlukan penanaman dan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila. Berikut penjabaran nilai moral yang terkandung dalam masing-masing sila Pancasila. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, memiliki sebuah makna bahwa kita harus mempunyai keyakinan sesuai kepercayaannya masing-masing. dan mengamalkan agamanya dalam menjalani kehidupan.

Sila Kemanusian yang Adil dan Beradab, mengajarkan kita agar untuk selalu bersikap adil, karena setiap manusia mempunyai hak yang sama dan juga memiliki derajat yang sama dalam mendapatkan keadilan.

Baca juga:  Olah Raga di Rumah Penumbuh Karakter Siswa selama Pandemi Covid-19

Dengan sila kedua, diharapkan generasi muda dapat hidup damai dan rukun dengan menjaga hubungan yang baik antar sesama. Sila Persatuan Indonesia, memiliki makna bahwa kita sebagai warga Indonesia harus mempunyai tujuan yang sama meskipun memiliki banyak perbedaan. Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan memiliki arti bahwa kita harus bisa berdiskusi, bermusyawarah serta dapat menghargai keputusan orang lain memaksakan kehendaknya.

Artinya, sila ini mengajarlan kita untuk bisa memahami satu sama lain, dan menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin tanpa kekerasan. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, memiliki arti bahwa kita harus dapat memahami dan mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa misalnya, gotong-royong, saling tolong-menolong, dan bersikap adil terhadap sesama. Kita tidak dapat menuntut hak terlebih dahulu, tanpa memenuhi kewajiban kita yang harus ditunaikan.

Baca juga:  Belajar Asmaul Husna Mudah dan Menyenangkan dengan Tepuk Tangan

Krisis moralitas pada generasi muda dapat diatasi dengan penguatan dan penanaman nilai yang dapat menumbuhkan sikap positif . Penanaman nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar hidup bangsa perlu dipahami dan juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila harus kita jadikan sebagai landasan dalam berfikir, bersikap, bertingkah laku dan bertindak. Dengan memahami dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan, generasi muda akan memiliki nilai moral dan karakter yang luhur pula. (mn2/lis)

Guru PPKn SMPN 1 Mertoyudan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya