alexametrics

Belajar Aktif Melalui Media Bangru untuk Mencari Luas Permukaan Tabung

Oleh : Tri Wahyuni, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang penuh tantangan terutama untuk materi bangun ruang di kelas VI. Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Brobot Kecamatan Bojongsari masih banyak yang mengalami kesulitan, bahkan ada siswa yang merasa pusing jika belajar materi bangun ruang. Bahkan terkadang siswa hanya ramai sendiri, terlihat jenuh. Sehingga dalam mengikuti pembelajaran banyak yang kurang berminat, sehingga hasil belajarpun tidak maksimal.

Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar, yang berkorelasi pada meningkatnya mutu pendidikan, maka guru harus memiliki kompetensi lebih dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Guru harus dapat memodifikasi pembelajaran agar siswa tertarik dan menjadi aktif terlibat dalam pembelajaran. Yakni dengan menggunakan bangru dalam mencari luas permukaan. Bangru adalah kepanjangan dari bangun ruang.

Bangun ruang merupakan bangun geometri dimensi tiga dengan batas-batas berbentuk bidang datar dan atau bidang lengkung (Subarinah 2006 : 36). Pengertian belajar menurut Djamarah dan Zain (2010) adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan, maupun sikap bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.

Baca juga:  Belajar Interaksi pada Makhluk Hidup dengan Permainan Domino Cards

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman, 2002 : 6).

Bangun ruang (bangru) adalah sejenis bangun ruang beraturan yang memiliki rusuk, sisi,dan titik sudut. Bangun ruang tabung adalah sebuah bangun dari ruang tiga dimensi dan mempunyai tutup serta alas, bentuknya sendiri adalah sebuah lingkaran yang memiliki ukuran yang sama seperti yang diselimuti persegi panjang.tabung memiliki 3 sisi dan 2 rusuk. Untuk memahami rumus luas permukaan tabung, akan lebih mudah jika siswa melihat jarring-jaring tabung yakni terdiri dari 2 lingkaran dan 1 persegi panjang.

Baca juga:  Jigsaw Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Penggunaan media bangun ruang diharapkan dapat membantu para guru dalam pembelajaran matematika, khususnya untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit sehingga memudahkan siswa dalam belajar matematika. Jika siswa mudah belajar matematika, otomatis siswa akan terlibat aktif di dalam pembelajaran.

Apalagi jika media atau alat peraga yang digunakan sangat menarik perhatian siswa, artinya alat peraga atau media yang digunakan guru berfungsi selain memudahkan siswa dalam memahami materi juga menarik minat belajar siswa yang pada akhirnya siswa akan terlibat aktif mengikuti pembelajaran dengan sendirinya tanpa paksaan.

Langkah-langkah dalam pembelajaran mencari luas permukaan tabung : Pertama, guru memperlihatkan model bangun ruang tabung, siswa harus mengamati model bangun ruang tabung yang berongga, dan mode kerangkanya. Siswa dilibatkan dengan diberi pertanyaan a). berapa jumlah sisi dari bangun ruang tabung sambil menunjukkan bangun berongga untuk menunjukkan sisi-sisinya, b) manakah daerah yang merupakan luas dari bangun ruang tabung. Secara bergiliran siswa untuk maju menunjukkan sisi-sisi dari bangun ruang tabung.

Baca juga:  Mudah Membaca Huruf Jawa dengan Card Sort

Kemudian secara bersama-sama mencari rumus luas permukaan tabung. Setelah siswa memahami secara keseluruhan rumus dari luas permukaan tabung, guru memberikan latihan soal untuk mencari luas permukaan tabung. Lakukan latihan ini baik secara kelompok maupun secara individual agar siswa tuntas dalam pembelajaran.

Langkah terakhir, jika masih ada siswa yang belum paham dalam mencari luas permukaan bangun ruang tabung, maka lakukan kegiatan remedial, agar nilai yang akan diperoleh juga optimal. Bagi siswa yang sudah tuntas maka diberikan program pengayaan dengan mengerjakan tugas rumah. (pb1/ton)

Guru Kelas VI SDN 1 Brobot Kabupaten Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya