alexametrics

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning

Oleh: Dyah Anggraini, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21 memberikan konsekuensi pada besarnya tantangan yang berbeda dari yang pernah dihadapi sebelumnya. Keterampilan pembelajaran abad 21, diantaranya adalah keterampilan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dan diperlukan dalam kehidupan. Mengingat sekarang ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini mengakibatkan cepatnya perubahan perilaku dalam kehidupan.

Jika peserta didik tidak dibekali kemampuan berpikir kritis, mereka tidak mempunyai kemampuan untuk mengambil, mengolah, dan menggunakan informasi yang dimiliki untuk menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Berpikir kritis memungkinkan peserta didik mempelajari masalah secara terstruktur. Menghadapi banyak rintangan dengan cara yang tersusun, merumuskan pertanyaan inovatif, dan merancang solusi tepat atas permasalahan yang dihadapi.

Berdasarkan hasil observasi pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 didapatkan hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV masih rendah. Ini terlihat dari peserta didik yang pasif dan kurang antusias mengikuti pembelajaran. Peserta didik yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru hanya 3 (25 persen) dari 12 peserta didik. Peserta didik juga terlihat santai dan hanya sebatas menjawab. Tanpa berusaha berpikir terlebih dahulu saat guru mengajukan pertanyaan terkait materi pembelajaran. Hal tersebut dapat mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Baca juga:  Menarik, Belajar Mengenal Pahlawanku melalui Metode Demonstrasi

Guru perlu melakukan inovasi pembelajaran yang dapat membangkitkan minat peserta didik dalam pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir adalah model pembelajaran yang mampu mendorong berlangsungnya pembelajaran dalam konteks riil atau nyata. Pembelajaran yang mengaitkan dunia nyata akan membuat proses pembelajaran lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran dalam konteks riil/nyata yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan berpikir adalah model Problem Based Learning (PBL).

PBL adalah model pembelajaran konstruktivisme yang menuntut peran aktif peserta didik dalam menguasai pengetahuan dan mengembangkan penalaran mereka. Pada model pembelajaran PBL (Esema et al., 2012) menyatakan, peserta didik dituntut dapat berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Model PBL dirasa akurat untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menemukan dan memecahkan masalah. Dengan penggunaan model pembelajaran peserta didik akan melatih dan mengasah keterampilan berpikir kritis mereka untuk memperoleh pengetahuan dari materi pelajaran (Daryanto & Tarno, 2015).

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pecahan dengan Pembelajaran SAVI

Metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus (Tampubolon, 2014). Langkah-langkah pada PTK diawali dengan merencanakan (planning), mengimplementasikan tindakan (action), mengobservasi dan mengevaluasi (observation dan evaluation), dan diakhiri dengan merefleksi hasil tindakan (reflecting). Langkah-langkah ini dilakukan secara berulang membentuk suatu siklus sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. (Susilowati 2018).

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Kutowinangun 07. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata–rata kemampuan berpikir kritis yang diobservasi pada siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan mencapai indikator keberhasilan yaitu 3.00 yang masuk dalam kriteria kritis. (ra2/fth)

Baca juga:  Mudahnya Pengerjaan Soal Matematika melalui Permainan Kartu Soal

Guru Kelas 4 SD Negeri Kutowinangun 07

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya