alexametrics

Memegang Kerikil Tingkatkan Kemampuan Servis Bawah dalam Permainan Bola Voli

Oleh : Tri Joko Susila, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi ini diharapkan tidak mengurangi fungsi dari pendidikan. Menurut UU Sisdiknas, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan jasmani menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 adalah mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.

Pendidikan jasmani dan kesehatan yang diberikan lembaga-lembaga pendidikan ditujukan terutama pada upaya peningkatan kesegaran jasmani para siswa melalui pelaksanaan kegiatan jasmani yang diberikan dalam bentuk atletik, permainan, senam, bela diri, renang dan lain-lain.

Baca juga:  Mengokohkan Pendidikan Karakter Bangsa

Bola voli adalah cabang olahraga permainan bola besar yang merupakan salah satu materi dalam pembelajaran PJOK yang diajarkan untuk siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD). Siswa kelas IV SDN Kajoran 2 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang untuk belajar materi gerak dasar servis dalam permainan bola besar cabang olahraga bola voli masih mengalami kesulitan, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar servis bawah perlu adanya sebuah metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan servis bawah. Menurut Anandita (2010) servis bawah, yakni servis dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah (Yoenoes, 2009).

Baca juga:  Portofolio sebagai Metode Penilaian Siswa di SD Negeri 2 Karanganyar

Servis adalah suatu upaya memasukkan bola ke area daerah lawan oleh pemain yang berada diderah servis untuk memukul bola dengan satu tangan atau lengan. Jadi servis bawah adalah pukulan pertama mengawali suatu permainan bola voli dengan cara memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah melewati net ke area lawan.

Permainan bola voli selalu diawali dengan servis. Karena gerak dasar servis ini merupakan salah satu dasar dalam permainan bola voli. Ada berbagai gerak servis bola voli. Seperti servis bawah bola voli dan servis atas bola voli. Servis bawah harus dilakukan dengan tangan yang kuat supaya bolanya sampai yang dituju.

Salah satu metode untuk melakukan servis anak-anak kelas IV di SDN Kajoran 2 supaya sampai tujuan yaitu servis dengan jarak dekat dulu dengan net. Setelah sampai jarak ditambah ke belakang lagi, sampai nanti servis di tempat area servis.

Baca juga:  Netop School untuk Mengatasi Kenakalan Siswa pada Proses Pembelajaran Praktik di Laboratorium Komputer

Supaya hasil maksimal dalam servis maka dilakukan dengan tangan yang kuat/mengepal, supaya tetap mengepal dengan metode anak menggenggam kerikil waktu memukul bola, anak menggenggam krikil saat mengenai bola bisa lebih jauh lagi dan lebih kuat. Kerikil menurut KBBI yaitu butiran batu lebih besar daripada pasir dan lebih kecil daripada kerakal.

Berdasarkan metode tersebut anak-anak lebih antusias mengikuti olahraga, khusus olahraga bola voli, dan meningkatkan hasil anak dalam latihan servis. Anak-anak makin semangat dalam latihan servis dan hasilnya lebih banyak anak yang sampai melewati net. Dengan demikian latihan servis bola dengan menggenggam kerikil dapat meningkat kemampuan anak dalam melakukan servis bawah dalam permainan bola voli. (mn1/lis)

Guru SDN Kajoran 2, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya