alexametrics

“Quizizz” Tingkatkan Motivasi Evaluasi Pembelajaran IPA

Oleh: Sudaryati, S.Si. M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini sedang menghadapi pandemi virus covid-19, mengharuskan siswa untuk belajar di rumah, guna menghindari dan memutus rantai penyebaran virus. Guru dan siswa harus melakukan pembelajaran secara online atau tidak tatap muka di kelas seperti biasanya. Pasal 1 UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar IPA adalah metode atau strategi belajar yang digunakan guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah melakukan inovasi dalam strategi atau teknik pembelajaran. Salah satu inovasi Pembelajaran IPA yang dapat dilakukan oleh seorang guru ditengah merebaknya virus Corona adalah mengkolaborasikan model pembelajaran yang interaktif berbasi IT (Informasi dan Teknologi).

Baca juga:  Evaluasi Belajar Asyik melalui Quizizz pada Materi Dongeng

Di tengah pandemi Covid 19, proses pembelajaran dan penilaian tetap bisa dilaksanakan dengan efekftif dan efisien. Penilaian pun tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Media pembelajaran yang tepat menjadi satu hal penting demi menunjang keberhasilan pendidikan. Berperannya media pembelajaran sebagai wadah penyampaian pesan pembelajaran kepada sasaran pembelajaran. Hal ini di atur penuh oleh guru, guna menilai dan menimbang perkembangan pembelajaran

Salah satu aplikasi yang bagus untuk dimanfaatkan adalah aplikasi Quizizz. Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah. Pola pembelajaran yang dibuat dan diberdayakan melalui aplikasi Quizizz adalah pola multimedia intaraktif.

Menurut Salsabila U.H. dkk, 2020 aplikasi Quizizz memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat dengan mudah di manfaatkan selain media pembelajaran, juga bahan evaluasi pembelajaran. Sebagai contoh, terdapat data dan perhitungan statistik kinerja peserta didik yang hasilnya bisa menggambarkan sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi, nantinya menjadi bahan ukur evaluasi pembelajaran secara keseluruhan. Ini akan memberikan warna baru terhadap olah evaluasi guru dan pola pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswinya.

Baca juga:  Pembelajaran IPS Lebih Asyik dengan Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan (Arisandi, O.R; 2020).

Dengan kelengkapan dari aplikasi Quizizz, sangat mendukung dalam mensukseskan proses pembelajaran di berbagai jenjang dan mata pelajaran termasuk juga mata pelajaran IPA pada siswa SMP. Dengan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri.

Baca juga:  Menjadi Pendidik yang Humanis

Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati.

Evaluasi pembelajaran IPA dengan meggunakan aplikasi Quizizz yang dapat dilaksanakan kapan saja, di mana saja, dengan batas waktu tertentu dan adanya suasana musik serta meme yang lucu untuk menyemangati siswa yang mengerjakan soal, sangat tepat digunakan untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan pula hasil belajar siswa. (fkp2/ton)

Guru Mapel IPA SMP Negeri 37 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya