alexametrics

Asyiknya Kolaborasi Menulis Dialog Sederhana dengan Google Slides

Oleh : Rizka Nur Wijayanti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sejak pandemi Covid-19 melanda, dengan sangat terpaksa pembelajaran daring menjadi pilihan utama. Tantangan demi tantangan silih berganti dengan minimnya pengetahuan dan fasilitas yang dimiliki oleh siswa dan orang tua di rumah. Banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya tidak mau mengerjakan tugas daring. Bahkan ada orang tua siswa yang menyampaikan anaknya sekarang menjadi malas untuk menulis. Anak-anak justru lebih asyik bermain HP android mereka.

Perkembangan teknologi yang semakin maju, begitu memanjakan anak untuk bermain aneka game dengan mudahnya. Sehingga ketika melihat alat tulis akan terasa membosankan bagi mereka. Jangankan untuk membuat dialog sederhana, terkadang untuk menulis satu kalimat saja anak memerlukan waktu yang cukup lama. Hal tersebut menunjukkan kemampuan menulis mereka mengalami keterlambatan. Perlu adanya solusi yang menarik agar anak-anak bersemangat dalam berlatih menulis lagi.

Nurjamal dalam Sumirat, Darwis (2011:69) menerangkan bahwa menulis merupakan sebuah keterampilan berbahasa merupakan kemampuan seseorang di dalam mengemukakan sebuah gagasan, perasaan, dan juga pemikiran-pemikiran yang dimiliki kepada orang ataupun pihak lainnya dengan menggunakan sebuah media tulisan. Berbeda dengan pendapat Tarigan (1986:21) yang mendefinisikan menulis sebagai upaya untuk membuat lambang-lambang grafis. Tentu saja lambang yang digunakan sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum, berbentuk tulisan. Sehingga dari penyatuan lambang-lambang tersebut membentuk sebuah pesan, makna yang mudah dipahami oleh pembaca.

Baca juga:  Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media, kegiatan menulis juga ikut berkembang pesat di dunia. Saat ini penulis juga bisa berbagi semua tulisannya di manapun ia berada dengan menggunakan teknologi berbasis internet. Begitu juga dengan para pembaca, akan lebih mudah untuk melihat tulisan-tulisan penulis yang digemarinya (https://id.wikipedia.org/wiki/Menulis).

Salah satu cara yang diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangtengah, Koorwilcam Dindikbud Kertanegara untuk berlatih menulis dialog sederhana adalah melalui kolaborasi dengan Google Slides. Pada dasarnya, Google Slides adalah layanan dari Google yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi. Layanan ini dapat digunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun. Salah satu manfaat menggunakan Google Slides adalah kita dapat berkolaborasi dengan rekan kerja di mana pun dan kapan pun tanpa banyak batasan. Apalagi sekarang hampir setiap siswa mempunyai HP Android.

Baca juga:  Mudahnya Mengatasi Mental Block Siswa melalui Mading Budaya

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah guru membuat slide kosong yang diberi judul tugas kolaborasi membuat dialog sederhana. Selanjutnya menambahkan sejumlah slide baru yang berisi nama-nama kelompok yang ada di kelas V SD Negeri 2 Karangtengah. Dimana nanti siswa akan mencari slide bagian tugas masing-masing untuk berkolaborasi membuat dialog sederhana sesuai tema yang disampaikan oleh guru. Sebagai pengenalan awal secara shifting siswa diminta membawa HP ke sekolah dengan izin orang tua dan pengawasan dari guru.

Tujuannya mempraktikkan cara berkolaborasi menggunakan Google Slides untuk menulis dialog sederhana. Dengan demikian selanjutnya siswa akan mudah dalam mengerjakan tugas dari rumah masing-masing.

Dari hal di atas, dapat disimpulkan dengan berkolaborasi melalui Google Slide, berlatih menulis dialog sederhana menjadi lebih asyik bagi siswa. Terlebih anak zaman sekarang lebih sering memegang HP dari pada buku tulis, maka dengan cara ini akan mengurangi rasa bosan siswa ketika diminta untuk menulis secara manual.
Dengan demikian, harapannya keinginan untuk menulis pada siswa akan semakin meningkat seiring dengan seringnya berlatih menulis menggunakan media baru yang lebih asyik. (pb2/lis)

Baca juga:  Memotong Tuntas Cara Belajar Konvensional dengan Jigsaw

Guru SDN 2 Karangtengah, Kec. Kertanegara, Kabupaten Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya