alexametrics

Penerapan Blended Learning Tipe Flipped Classrom pada PJJ Materi IP Address

Oleh: Agus Setiyono, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir. Hal ini menjadi penyebab sekolah-sekolah di beberapa daerah belum bisa menerapkan pembelajaran tatap muka seratus persen.

Siswa pun masih belajar jarak jauh di rumah. Variasi dalam pembelajaran jarak jauh sangat diperlukan agar siswa lebih tertarik lagi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan guru adalah menerapkan model blended learning tipe flipped classroom.

Blended learning tersusun dari dua kata yang berasal dari bahasa inggris, yaitu kata blended dan kata learning. Blend artinya bercampur sedangkan learning berarti belajar.

Blended learning mencoba menggabungkan antara metode pembelajaran face to face atau tatap muka yang berlangsung di kelas dengan pembelajaran daring online yang membantu kamandirian siswa (Nurlian Nasution, dkk, 2019).

Flipped classroom adalah salah satu jenis blended learning yang menurut peneliti cukup efesien untuk diterapkan. Flipped berasal dari bahasa inggris yang berarti “menukar” pembelajaran yang semula dilakukan di dalam kelas dengan di luar kelas, begitupun sebaliknya.

Baca juga:  Pendekatan PLAS Memicu Motivasi Belajar Siswa Kelas Rendah

Bahan ajar atau materi, quiz, dan latihan diberikan secara online sedangkan untuk pembahasannya dilakukan secara tatap muka dengan frekuensi tatap muka yang rendah jika dibandingkan dengan pembelajaran online-nya (Kadek Cahaya Dewi, dkk, 2019).

Metode flipped classroom ini memang memiliki banyak manfaat (McLaughlin et al, 2014), seperti siswa akan memiliki opini positif dan terbuka pada pengetahuan baru, lebih aktif, lebih mandiri dan kreatif serta lebih kritis menyikapi permasalahan kasus tertentu.

Dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Kutasari jurusan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) khususnya di kelas X terdapat materi IP Address jaringan komputer. Di dalam kehidupan sehari-hari materi ini sangat penting karena dilapangan/didunia kerja dalam membangun jaringan komputer IP Address sangat penting yaitu sebagai identitas alamat setiap perangkat jaringan yang akan melakukan komunikasi antar perangkat.

Baca juga:  Manajemen PJJ dengan Pembelajaran Kolaboratif

Nantinya, yang berguna untuk perangkat komputer saat mengakses internet.
Dalam pembelajaran metode blended learning tipe flipped classroom pada materi IP Address jaringan komputer dibagi menjadi menjadi dua kegiatan inti yaitu pembelajaran daring online dan pembelajaran tatap muka.

Pada pembelajaran daring online (sebelum PTM), sehari sebelum pembelajaran tatap muka, guru mengunggah materi IP Address jaringan komputer dan sumber belajar di google classroom dan guru meminta siswa untuk mengerjakan soal asesmen diagnosis tentang IP Address jaringan komputer di googleForm sebelum mengikuti pembelajaran topik IP Address Jaringan Komputer. Siswa membaca dan mempelajari materi yang dibagikan oleh guru terlebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran tatap muka.

Kegiatan inti pada saat PTM yaitu guru melakukan apersepsi materi IP Address dengan menanyakan respon atau tanggapan siswa mengenai materi yang telah dipelajari dari berbagai sumber belajar sebelum pembelajaran tatap muka, serta memberikan motivasi agar siswa tertarik dan bersemangat untuk mempelajari materi IP Address Jaringan Komputer lebih mendalam dengan memberi lembar kerja peserta didik (LKPD) dan memberi arahan mengenai cara pengerjaan LKPD kemudian siswa mengerjakan LKPD dan berdiskusi bersama dengan temanya.

Baca juga:  Kolaborasi dengan Orang Tua Siswa Atasi Kendala PJJ

Setelah siswa selesai mengerjakan LKPD guru meminta perwakilan 2 siswa untuk presentasi hasil pengerjaan LKPD dilanjutkan dengan pertanyaan atau tanggapan dari siswa lain. Kemudian guru bersama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.

Dengan penerapan model blended learning tipe flipped classrom pada pembelajaran jarak jauh materi IP Address diharapkan siswa akan lebih tertarik dan lebih aktif dalam pembelajaran jarak jauh. (pb1/zal)

Guru SMKN 1 Kutasari, Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya