alexametrics

Media Power Point Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh : Irfandi, S.Pd.SD.,M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Saat mengikuti kegiatan pembelajaran terkadang motivasi belajar siswa menurun. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa merasa bosan karena guru kurang variatif dalam menggunakan media pembelajaran. Guru seringkali hanya memanfaatkan buku yang ada di sekolah dan kurang memanfaatkan media lain.

Padahal sebenarnya, masih banyak media lain yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Apalagi pada zaman sekarang, dimana sudah banyak guru yang telah mempunyai dan mampu mengoperasikan laptop serta gawai. Selain itu sudah banyak sekolah yang mempunyai LCD.

Faktor-faktor pendukung tersebut dapat dimanfaatkan guru dalam mengembangkan media pembelajaran agar lebih variatif. Keadaan seperti ini terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Bulakpelem, Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Motivasi belajar siswa menurun. Siswa pasif dan kurang bersemangat. Kegiatan pembelajaran pun kurang menyenangkan.

Untuk mengatasi hal tersebut guru perlu memanfaatkan faktor pendukung yang ada di sekolah dan kemampuan yang ada pada dirinya dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah dengan menerapkan media power point.

Baca juga:  Video Youtube untuk Pembelajaran PJOK di SD

Motivasi menurut Eggen & Kauchack (2004) adalah suatu kekuatan yang memberi energi, dorongan dan mengarahkan perilaku ke tujuan.

Secara umum motivasi siswa adalah memiliki sikap yang positif terhadap sekolah dan menggambarkan sekolah sebagai sesuatu yang menyenangkan, bertahan pada tugas-tugas yang sulit dan memiliki sedikit masalah di dalam pelaksanaannya, pengalaman belajar yang unggul dan mendalam di dalam proses informasi.

Menurut H. Malik (1994), pengertian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan.

Menurut para ahli (Levie & Lentz) salah satu fungsi media pembelajaran adalah untuk menarik perhatian siswa agar semakin berkonsentrasi dan memusatkan perhatian pada isi materi pelajaran.

Baca juga:  Merancang Pembelajaran Menarik dengan Google Workspace for Education

Media power point merupakan media yang memanfaatkan aplikasi Microsoft power point.
Microsoft power point adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.

Salah satu fungsi dan kegunaan Microsoft power point adalah membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.

Beberapa keunggulan dari aplikasi power point di antaranya, mudah digunakan, tersedia beragam desain dan template yang menarik, dapat dibuat dalam berbagai format data, dapat mengedit foto secara langsung, adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation, serta adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).

Baca juga:  Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 di SD

Melalui daya dukung sarana yang ada di sekolah berupa laptop dan LCD serta gawai yang dimiliki oleh guru, memudahkan guru dalam membuat media power point. Guru dapat mengemas materi pembelajaran ke dalam slide-slide yang menarik yang didukung oleh audio, video, gambar dan animasi serta template/desain. Siswa menjadi tidak bosan saat belajar di sekolah.

Materi pembelajaran yang awalnya hanya tersaji pada buku pelajaran sekarang dapat disajikan dalam bentuk presentasi yang dikemas secara menarik. Siswa menjadi sangat antusias. Seakan-akan mereka tidak sedang dituntut dalam situasi formal pembelajaran, melainkan, mereka merasa sedang dalam situasi santai menyaksikan layar bioskop di sekolah.

Setelah menggunakan media power point pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat serta motivasi belajar siswa meningkat. (bk1/lis)

Guru SDN 02 Bulakpelem, Kec. Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya