alexametrics

Tingkatkan Minat Belajar Gerak Lurus Melalui Livechat

Oleh: Wiwik Kusdewi, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sejak pandemi, pembelajaran di SMA Negeri 3 Pemalang dipusatkan dengan konsep berbasis website. Pembelajaran berbasis web adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Sehingga sering disebut dengan e-learning.

Bila dirancang dengan baik dan tepat, pembelajaran berbasis web bisa menjadi pembelajaran yang menyenangkan, memiliki unsur interaktifitas tinggi, menyebabkan peserta didik mengingat lebih banyak materi pelajaran, serta mengurangi biaya – biaya yang biasanya dikeluarkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.

Fasilitas pembelajaran dalam web smanty terdiri video conference dan Livechat. Video conference adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda bisa berinteraksi melalui pengirim dua arah audio dan video secara bersamaan.

Livechat mungkin hal baru di telinga kita. Secara umum Livechat adalah teknologi dalam bentuk layanan tanya jawab secara langsung melalui antarmuka pesan menggunakan sumber daya manusia.

Baca juga:  Manfaat Internet dalam Peningkatan Pembelajaran Listening

Biasanya pembelajaran daring yang berlangsung hanya satu arah tidak ada keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Guru hanya memberi materi atau tugas tanpa melihat apakah siswa sudah paham atau belum. Pada pembelajaran fisika materi gerak Lurus digunakan pembelajaran berbasis web dengan metode livechat.

Disini guru menjelaskan dengan tulisan dan rumus yang mudah dipahami siswa. Dengan mengirimkan pesan online ke siswa saat KBM berlangsung. Sedangkan siswa menyimak dan jika kurang paham bisa bertanya langsung pada guru.

Materi Gerak lurus diajarkan pada siswa kelas X semester ganjil. Sebuah benda dikatakan bergerak lurus apabila lintasannya berupa garis lurus (Muhammad Farchani Rosyid, dkk, 2014: 67).

Gerak Lurus dibagi dua yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus beraturan GLB jika kecepatannya konstan atau tetap.

Baca juga:  Kembangkan Bakat Bermain Musik Menggunakan Gelas Berisi Air

Sedangkan sebuah benda dikatakan bergerak lurus berubah beraturan GLBB jika percepatan benda tetap, yaitu baik arah maupun besarnya. Pembelajaran gerak lurus berbasis web dengan metode livechat pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Menurut Sardiman AM (1988:76) minat seseorang terhadap suatu objek akan lebih kelihatan apabila objek sasaran berkaitan dengan keinginan dan kebutuhan seseorang yang bersangkutan. Pendapat ini memberikan pengertian, minat merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila berhubungan dengan keinginan atau kebutuhan sendiri.

Langkah-langkah pembelajaran dengan livechat yaitu sebagai berikut: pertama, siswa masuk ke web SMA N 3 Pemalang menggunakan NIS. Kedua, masuk mengikuti pelajaran Fisika sesuai jadwal. Ketiga, mengikuti pembelajaran gerak lurus dengan memperhatikan penjelasan dari guru melalui livechat. Keempat, mengajukan pertanyaan pada guru apabila belum paham dengan materi gerak lurus yang disampaikan guru. Demikian langkah-langkah mengikuti materi Gerak Lurus berbasis web dengan metode livechat.

Baca juga:  Pembelajaran Daring dan Permasalahannya

Prinsipnya pembelajaran materi Gerak Lurus berbasis web melalui metode livechat pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 3 Pemalang merupakan salah satu cara mengatasi permasalahan minat belajar siswa yang rendah. Karena terlalu lama belajar daring.

Walaupun hasilnya tidak sebaik tatap muka langsung karena kadang siswa masih bingung dengan materi yang dipelajari. Tapi setidaknya livechat bisa mengobati rasa rindu siswa terhadap hadirnya seorang guru. Sebagai guru tentunya akan berusaha semaksimal mungkin supaya siswa memahami materi yang disampaikan. (bk2/fth)

Guru SMA Negeri 3 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya