alexametrics

Pembelajaran Metamorfosis Makin Menarik dengan Canva

Oleh: Nurkadi, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Metamorfosis merupakan bagian dari materi pembelajaran daur hidup hewan di kelas IV semester 2. Daur hidup merupakan fase dari makhluk hidup lahir, tumbuh menjadi dewasa, dan kemudian menghasilkan keturunan.

Pada daur hidup hewan, secara umum dibagi menjadi dua, yaitu daur hidup hewan tanpa metamorfosis dan daur hidup hewan metamorfosis. Daur hidup hewan tanpa metamorfosis disebut juga daur hidup metamorfosis. Hewan yang punya daur hidup tanpa metamorfosis tidak mengalami perubahan bentuk yang jauh berbeda dari induknya.

Metamorfosis bisa diartikan sebagai perubahan bentuk tubuh dalam siklus kehidupan hewan.Ada dua jenis metamorfosis, yaitu: metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Pada metamorfosis sempurna, hewan mengalami perubahan bentuk tubuh yang sangat berbeda pada setiap fasenya. Pada serangga, fase kepompong atau pupa juga menjadi salah satu tanda hewan memiliki metamorfosis sempurna.

Pada metamorfosis tidak sempurna, hewan mengalami perubahan bentuk yang tidak jauh berbeda antara satu fase dengan fase lainnya. Kemudian, pada serangga, hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna tidak mengalami fase kepompong atau pupa.

Baca juga:  Cara Menghadapi Sifat Malas Belajar Anak pada Mapel Pendidikan Agama Islam

Untuk pembelajaran materi tersebut guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik dan tentu yang dapat memperjelas siswa dalam memahami pelajaran. Sebagai alternatif untuk media pembelajaran di SD Negeri 02 Sijeruk Sragi Kabupaten Pekalongan penulis menggunakan canva.

Canva adalah program desain online yang menyediakan berbagai alat seperti presentasi, dokumen A4, resume, poster, brosur, grafik, infografis, spanduk, pamflet, sertifikat, diploma, kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan terima kasih, kartu pos, logo, penanda, buletin, sampul CD, sampul buku, wallpaper, template, pengeditan foto, thumbnail YouTube, cerita Instagram, postingan Twitter, dan sampul Facebook (Rahma Elvira Tanjung, 2019).

Tidak hanya mengedit namun Canva juga memberikan berbagai macam template yang langsung siap untuk digunakan. Misalnya ingin membuat presentasi atau poster yang menarik dan atraktif, Canva sudah menyediakan template yang bisa langsung diedit drop and put yang berada dalam template. Drop and put di sini maksudnya kita hanya perlu pilih dan tempel pada template yang sudah kita pilih sebelumnya sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:  Kemampuan Berpikir Kritis melalui Budaya Literasi pada Materi Reading Text

Kelebihan menggunakan canva untuk pembelajaran adalah canva memiliki tampilan antar muka yang sederhana sehingga mudah digunakan, bahkan oleh pengguna yang belum pernah menggunakan aplikasi untuk desain grafis sebelumnya.

Memiliki banyak template yang desain gratis dan tersedia untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak perlu menginstall Canva pada komputer karena merupakan aplikasi berbasis web/cloud.

Canva juga tersedia dalam aplikasi mobile untuk android maupun iphone sehingga Canva tetap dapat digunakan untuk mendesain ketika jauh dari komputer.

Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yang dapat digunakan untuk pembelajaran dengan media grafis Canva adalah: Katak, proses metamorfosis katak dimulai dari telur kemudian berudu atau cebong lalu menjadi katak muda dan yang terakhir katak dewasa.

Baca juga:  Asiknya Mengenal Unsur-Unsur Lingkaran dengan Metode Menggambar

Kupu-kupu, proses metamorfosis kupu-kupu dimulai dari fase pertama yaitu telur, fase kedua ulat atau larva, fase ketiga yaitu kepompong atau pupa, dan yang terakhir fase keempat adalah kupu-kupu. Nyamuk, proses metamorfosis nyamuk diawali dengan telur yang menetas menjadi larva atau jentik nyamuk, kemudian pupa, dan terakhir adalah nyamuk dewasa. Guru dapat mencari template yang sudah ada dan tinggal meng-edit seperlunya.

Dengan desain Canva kini menjadi sebuah skill yang sangat diperlukan, terutama di era serba digital. Semua konten di dalam dunia digital memerlukan desain yang menarik agar semakin banyak sampai ke banyak orang. Misalnya, media sosial yang tentunya banyak digunakan oleh siswa.

Karenanya, dengan memiliki canva untuk pembelajaran dan pendidikan, guru dan siswa bisa belajar tentang desain grafis dengan mudah. Memahami tata letak, pemilihan warna, penggunaan font, sampai memaksimalkan bentuk dalam desain untuk banyak kebutuhan. (cd2/ton)

Guru SDN 02 Sijeruk Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya