alexametrics

Metode Card Sort Tingkatkan Hasil Belajar Tajwid

Oleh : Ni’mah Arini Himawati, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dijelaskan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan hendaklah diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang.

Memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Keberhasilan peserta didik dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Pada kenyataannya, dalam pembelajaran guru masih sering menggunakan metode konvensional, sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran serta kurang memuaskan.

Penerapan metode card sort (menyortir kartu) di SMAN 8 Purworejo pada mata pelajaran PAI, materi Tajwid (nun mati dan tanwin) dapat meningkatkan prestasi belajar maksimal karena menerapkan pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik.

Baca juga:  Belajar Kimia Unsur di Masa Pandemi Lebih Menarik dengan Google Sites

Dalam dunia pendidikan yang semakin demokratis seperti pada zaman sekarang ini, penggunaan metode card sort (menyortir kartu) mendapat perhatian besar karena memiliki arti penting dalam merangsang peserta didik untuk berpikir dan mengungkapkan pendapatnya secara bebas dan mandiri.

Peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, dan proses belajar mengajar berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan tentu saja akan meningkatkan keterampilan peseta didik dalam memecahkan masalah yang merupakan hasil dari kegiatan yang di dalamnya terdapat saling interaksi dan saling membantu antar anggota kelompok.

Menurut Mel Silberman, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan card sort yaitu : setiap peserta didik dibagi potongan kertas yang berisi informasi atau contoh yang tercakup dalam satu atau lebih kategori.

Baca juga:  Ajarkan kepada Anak untuk Mengelola Keuangan Sejak Usia Dini

Perintahlah peserta didik untuk bergerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama (guru dapat mengumumkan kategori tersebut sebelumnya atau membiarkan peserta didik menemukannya sendiri).

Perintahkan peserta didik yang kartunya memiliki kategori yang sama untuk menawarkan diri kepada peserta didik lain. Seiring dengan presentasi dari tiap-tiap kategori tersebut, berikan poin-poin penting terkait materi pelajaran. Mintalah setiap kelompok untuk melakukan penjelasan tentang kategori yang mereka selesaikan.

Ciri-ciri metode card sort yaitu pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator. Sedangkan peserta didik mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompok yang diperolehnya dan mengelompok sesuai kartu indeks yang diperolehnya. Dengan demikian peserta didik menjadi aktif dan termotivasi dalam proses belajar mengajar.

Baca juga:  Penanaman Perilaku Santun pada Anak Usia Dini Berbasis Media Visual

Kelebihan metode card sort antara lain peserta didik dapat berperan aktif dalam proses belajar. Peserta didik dapat mengungkapkan pandangan yang berbeda sesuai dengan apa yang dimilikinya. Peserta didik bisa saling menghormati terhadapan perbedaan pandangan dalam menghadapi suatu masalah. Peserta didik yang pro dan kontra dapat menyamakan persepsi belajar. Memotivasi peserta didik untuk berlomba dalam meningkatkan prestasi belajar. Waktu yang digunakan sangat efektif dan efesien. Pendidik dapat mengetahui kararter peserta didik yang variatif.

Sedangkan kekurangan metode card sort antara lain peserta didik yang kurang pandai akan semakin sulit untuk menyesuaikan dengan kelompoknya Apabila pendidik kurang sigap, maka kelas cenderung gaduh. Apabila pendidik kurang cermat, dapat menyita waktu dan materi pokok pembelajaran tidak tersampaikan. (p8/lis)

Guru PAI dan Budi Pekerti SMAN 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya