alexametrics

Menarik Minat Belajar Siswa Kelas Rendah dengan Alat Peraga Kartu Huruf

Oleh : Sunarti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kualitas hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: sikap terhadap belajar, konsentrasi belajar, minat dan motivasi belajar.

Sedangkan faktor eksternal: guru sebagai pelatih belajar, infrastruktur dan fasilitas belajar, kebijakan penilaian, lingkungan sosial siswa di sekolah dan di rumah serta kurikulum sekolah. Prestasi belajar akan tercapai dengan baik ketika semua faktor mendukung.

Proses belajar siswa dengan minat dan motivasi belajar yang tinggi sangat mempengaruhi ketercapaian mereka dalam mempelajari suatu hal seperti membaca dan mengenal huruf.

Hansen (dalam Buku Susanto, 2013) menyatakan bahwa minat belajar siswa erat hubunganya dengan kepribadian, motivasi, ekspresi, dan konsep diri atau identifikasi, faktor keturunan dan pengaruh lingkungan eskternal atau lingkungan.

Baca juga:  Hadapi Pembelajaran saat Pandemi dengan Optimalisasi Office 365

Keberhasilan proses kegiatan belajar dan pembelajaran, selain dipengaruhi oleh faktor guru juga dipengaruhi oleh faktor siswa itu sendiri.

Tingkah laku siswa ketika mengikuti proses pembelajaran dapat mengindikasikan akan ketertarikan siswa tersebut terhadap pembelajaran itu atau sebaliknya. Ketertarikan siswa inilah yang sering dikenal dengan istilah minat.

Dalam menarik minat belajar siswa diperlukan alat peraga yang menarik dan metode yang menarik sebagai sarana untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Alat peraga pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi (Faizal, 2010).

Alat peraga merupakan suatu alat yang dipakai untuk membantu dalam proses belajar-mengajar yang berperan besar sebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru.

Baca juga:  Belajar Narrative Text dengan Metode Examples Non Examples

Penggunaan alat peraga ini bertujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam materi pembelajaran. Alat peraga yang dipakai dalam proses belajar-mengajar dalam garis besarnya memiliki manfaat menambahkan kegiatan belajar para siswa, menghemat waktu belajar, memberikan alasan yang wajar untuk belajar, sebab dapat membangkitkan minat perhatian dan aktivitas para siswa.

Memperkenalkan huruf dengan baik cenderung memiliki kemampuan membaca dengan lebih baik. Jadi berdasarkan hal hal tersebut dapat ditegaskan bahwa, anak-anak yang belajar mengenal huruf sejak usia dini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak untuk mempersiapkan diri dalam belajar membaca dan menulis.

Maimunah Hasan (2009) mengungkapkan bahwa kartu huruf adalah penggunaan sejumlah kartu sebagai alat bantu untuk belajar membaca dengan cara melihat dan mengingat bentuk huruf dan gambar yang disertai tulisan makna gambar pada kartu.

Baca juga:  Memakai Masker Solusi Pelajaran Tematik di Masa Pandemi

Anak anak belajar mengenal huruf dari melihat simbol huruf dan gambar pada kartu huruf. Dengan tujuan meningkatkan kemanpuan mengetahui atau mengenal dan memahami huruf abjad.

Indikator yang digunakan untuk mengukur minat belajar adalah ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar dan pengetahuan. Berdasarkan analisis regresi, diperoleh hasil bahwa minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan minat belajar siswa. Artinya semakin baik minat belajar siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa yang semakin baik. (pb2/ton)

Guru SDN 2 Kalijaran, Kec. Karanganyar, Kab. Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya