alexametrics

Komunikasi Efektif Kombinasi WA dan Ms Teams 365 Era PJJ Materi Pendapatan Nasional

Oleh : Supriyani, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sektor pendidikan memegang peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam situasi apapun pendidikan akan tetap dilaksanakan. Termasuk ketika masa pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara (UU No. 20 Tahun 2003).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Kesimpulannya pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia.

Pendidikan menjadi satu kebutuhan yang cukup penting dalam mengalami perubahan dan kemajuan di zaman modern ini. Proses pendidikan merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan. Bagaimana proses pendidikan itu dilaksanakan sangat menentukan kualitas hasil pencapaian tujuan pendidikan (https://gheroy.com › Opin).

Baca juga:  Media Computer-Assisted Learning Mengurai Kejenuhan Belajar Ekonomi

Pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila di dalamnya terdapat suasana yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian peserta didik tercurah, lingkungan belajar yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi.

Adapun tips menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan di antaranya : pertama, menyampaikan aturan dengan tegas namun penuh empati. Kedua, membangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orangtua. Ketiga, libatkan siswa dalam membuat aturan. Keempat, amati dan pahami perilaku setiap siswa. Kelima, berikan dukungan siswa dalam belajar (Tip Bagi Guru Agar Pembelajaran Online Lebih Menyenangkan).

Pelajaran ekonomi khususnya materi pendapatan nasional yang diajarkan pada kelas XI IPS pada semester 1 di SMA Negeri 1 Mertoyudan Magelang membutuhkan komunikasi yang efektif dalam dialog dan tanya jawab. Karena di samping materi teori ada juga materi penghitungan yaitu bagaimana cara menghitung pendapatan nasional dan istilah-istilah ekonomi yang mungkin istilah baru bagi siswa secara umum.

Untuk mempermudah pemahaman siswa saat belajar maka digunakan kolaborasi aplikasi Ms Teams 365 dan WhatsApp (WA). Pemberian materi yang berbentuk PPt dan video bisa diupload di Ms Teams, bisa dipastikan materi tersebut tertata sesuai urutan dan mudah bila dicari kembali untuk dipelajari, tidak takut terhapus dibandingkan jika di-share lewat WA grup.

Baca juga:  Belajar Pasar Modal Lebih Asyik dengan Pojok Bursa

Dalam pemberian tugas maupun penilaian harian bisa diprogram atau dijadwalkan, baik waktu pemberian tugas maupun pengumpulan tugas. Artinya manakala guru ada kegiatan lain yang bersamaan dengan agenda mengajar maka kegiatan belajar tetap bisa berjalan.

Sedangkan bagi siswa jika penugasan bersifat membutuhkan waktu, masih bisa mengumpulkan sesuai batas waktu kebijakan guru. Lalu, bagaimana kalau siswa kesulitan memahami materi? Ms Teams mempunyai fasilitas join meeting, guru bisa memberikan penjelasan secara langsung sambil memaparkan PPt dari materi pendapatan nasional. Jadi pada saat pemaparan atau presentasi berlangsung, siswa juga bisa menanyakan jika tidak jelas dari materi yang di paparkan.

Bagaimana dengan WA? Komunikasi dengan WA dalam kaitan diskusi tentang materi pelajaran lebih efektif. Ketika siswa bertanya, guru bisa langsung respons, dan ketika dimungkinkan butuh penjelasan yang berbentuk contoh perhitungan, atau cara menghitung pendapatan nasional dengan berbagai metode, maka guru bisa memberi contoh cara mengerjakan dalam bentuk tulisan angka kemudian di foto dan dikirim di grup WA.

Baca juga:  Belajar Bahasa Indonesia Lebih Kreatif dengan Critical Incident

Pelajaran ekonomi pada materi pendapatan nasional menuntut siswa untuk selalu update berita ekonomi. Siswa harus mengetahui pendapatan nasional itu dari sektor apa saja dan sektor mana yang paling besar pemasukannya bagi negara, serta mengetahui perkembangan jumlah penduduk.

Karena jika pendapatan nasional besar sementara jumlah penduduk juga tinggi maka pendapatan tersebut akan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan primer penduduk sehingga sektor yang lain akan sedikit berkurang.

Salah satu sektor pendapatan nasional yang paling besar adalah pajak. Jadi bisa menjadi bahan diskusi manakala sektor dari pajak berkurang, apa yang harus dilakukan pemerintah dan bagaimana dampak terhadap pembangunan mengingat penduduk yang jumlahnya besar. Setelah pajak, sektor migas dan nonmigas juga merupakan sumber pendapatan negara.

Sebuah tantangan belajar bagi siswa untuk giat literasi dan akses berita jika ingin berdiskusi atau presentasi materi pendapatan nasional ini. Mari para guru ekonomi, perbanyak literasi agar bisa menjadi partner diskusi yang menyenangkan bagi siswa. Karena bagi siswa guru adalah sumber belajar dan bertanya dari ketidakpahaman dari literasi yang mereka baca. (mn2/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Mertoyudan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya