alexametrics

Membaca Zikir dan Doa setelah Salat dengan Pembelajaran Aktif Reading Aloud

Oleh : Isti Qomariyah, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan interaksi antara guru dan murid yang berlangsung terarah untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk memenuhi hal tersebut, guru dituntut mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga mau belajar karena memang siswalah subjek utama dalam belajar. Guru berfungsi sebagai subjek.

Guru sebagai seorang pendidik harus berusaha mengoptimalkan kinerjanya, agar pembelajaran yang dilaksanakannya berhasil. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai anak dalam penguasaan materi.

Dalam proses kegiatan pembelajaran PAIBP di kelas III SD terdapat kompetensi dasar membaca zikir dan doa setelah salat, permasalahan yang muncul dalam pembelajaran materi tersebut adalah lambatnya siswa dalam memahami dan menghafalkan materi zikir dan doa setelah salat. Karena kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Akibatnya, hasil tes belajar siswa menjadi rendah, terhadap materi membaca zikir dan doa setelah salat.

Baca juga:  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Memudahkan Komunikasi

Untuk pembelajaran PAIBP materi zikir dan doa setelah salat, lebih menekankan bentuk pembelajaran. Salah satu alternatif pemecahan permasalahan lambatnya siswa menguasai pelajaran, menggunakan pendekatan siswa aktif dengan strategi reading aloud (membaca keras).

Dengan strategi pembelajaran aktif reading aloud dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya, membantu siswa berkonsentrasi dan menghafal. Dengan strategi ini, siswa dalam belajar akan mendapatkan kesempatan, baik secara individu maupun kelompok untuk melatih kemampuan melakukan suatu proses diri melalui latihan.

Pada dasarnya tujuan dalam proses pembelajaran adalah adanya perubahan perilaku yang positif atau adanya nilai tambah dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan latihan pembelajaran merupakan proses kompleks yang dilakukan untuk membantu siswa belajar dan mengubah perilakunya.

Dengan demikian, pembelajaran PAIBP dikatakan aktif apabila pembelajaran yang dilakukan membawa siswa dalam situasi belajar sehingga ada perubahan perilaku positif pada diri siswa melalui kegiatan belajar.

Baca juga:  Pemanfaatan Video Tingkatkan Pemahaman Siswa saat PJJ

Pembelajaran PAIBP efektif adalah pembelajaran yang mampu mengantarkan siswa pada perubahan positif, mempunyai nilai tambah berupa penguasaan sejumlah kompetensi pengetahuan tentang membaca zikir dan doa setelah salat.

Dalam proses pembelajaran PAIBP materi membaca zikir dan doa setelah salat di SD guru hendaknya menyajikan materi pelajaran dengan cara menarik dan sistematis sehingga meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran dan informasi yang dapat dipahami siswa.

Gaya penyajian yang digunakan guru dalam membahas materi pelajaran mempengaruhi terhadap siswa. Berkenaan dengan itu, materi pelajaran hendaknya disajikan dengan cara yang menarik sehingga rasa ingin tahu siswa terhadap materi meningkat.

Penggunaan strategi pembelajaran sebagai salah satu alternatif pemecahannya, karena pembelajaran aktif reading aloud dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya, membantu siswa dalam berkonsentrasi, mengajukan pertanyaan, dan menggugah semangat siswa.

Baca juga:  Terminologi Literasi dan Gerakan Literasi Sekolah

Langkah-langkah strategi pembelajaran aktif reading aloud yaitu : pertama, pilih salah satu teks yang cukup menarik untuk dibaca dengan kerasa. Usahakan teks tersebut tidak terlalu panjang. Kedua, berikan copyan teks kepada peserta didik, beri tanda pada poin-poin atau isu-isu yang menarik untuk didiskusikan.

Ketiga, bagi teks dengan paragraf atau yang lain. Keempat, undang beberapa peserta didik untuk membaca bagian-bagian teks yang berbeda-beda. Kelima, ketika bacaan sedang berlangsung, berhentilah pada beberapa tempat untuk menekankan arti penting poin-poin tertentu, untuk bertanya atau memberi contoh. Beri peserta didik untuk berdiskusi jika menunjukkan ketertarikan terhadap poin tersebut.

Keenam, akhiri proses dengan bertanya kepada peserta didik apa yang ada dalam teks. Suasana positif yang timbul dari reading aloud dapat meningkatkan kegiatan yang menyenangkan dan siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar. (pb2/lis)

Guru PAIPB SDN 02 Kejambon, Kec. Taman, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya