alexametrics

Membaca Kalimat Huruf Alquran dengan Couple Card

Oleh: Siti Maryam, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AGAMA mempunyai peranan yang begitu penting dalam kehidupan manusia pancasila, sebab agama merupakan motivasi hidup dan kehidupan serta merupakan motivasi hidup dan kehidupan serta merupakan alat pengembangan dan pengendalian diri yang begitu penting. Oleh karena itu, agama perlu diketahui dan dipahami serta diamalkan oleh manusia agar dapat menjadi dasar, kepribadian sehingga ia dapat menjadi manusia yang utuh.

Pada materi PAI kelas III Semester I di SDN 03 Pedurungan tentang membaca dan menulis huruf Alquran yang menggunkan harakat (fathah, kasrah, dhammah) terdapat kendala dalam mengajarkannya ke peserta didik.

Sebagian besar peserta didik masih mengalami kesulitan untuk dapat membedakan bunyi antara fathah, kasrah, dhammah yang kemudian menempatkannya ke dalam sebuah kalimat uruf Alquran, keaktifan peserta didik belum terlihat. Hal ini berakibat hasil belajar peserta didik dalam materi membaca Alquran masih rendah.

Baca juga:  Audio Visual Tingkatkan Daya Serap Pembelajaran Energi di Masa Pandemi

Solusi agar dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan menjadikan pembelajaran menyenangkan yaitu menggunakan metode pembelajaran yang meningkatkan keterampilan membaca Alquran.

Selain dapat meningkatkan keterampilan membaca Alquran, penggunaan metode yang aktif dan inovatif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik di kelas.
Penulis menerapkan model pembelajaran couple card atau kartu berpasangan.

Model pembelajaran kartu berpasangan merupakan salah satu model dalam strategi pembelajaran aktif. Yakni strategi yang merangsang peserta didik menjadi lebih aktif, terlibat dan peduli dengan pendidikan mereka sendiri.

Dalam pembelajaran ini, peserta didik didorong untuk berpikir, menganalisa, membentuk opini, praktik, dan mengaplikasikan pembelajarannya. Bukan sekedar menjadi pendengar pasif atas apa yang disampaikan oleh guru, tetapi guru benar-benar mengarahkan suasana pembelajaran agar peserta didik benar-benar ikut menikmati pembelajaran.

Baca juga:  Role Playing Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Alat bantu yang digunakan pada model pembelajaran tersebut adalah sepasang kartu berupa kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dalam memberi penguatan saat pembelajaran dan manfaat bagi pesetya didik dalam hal penguasaan materi membaca kalimat huruf Alquran.

Model pembelajaran ini sangat menarik dan menantang bagi peserta didik untuk bermain dan menjawab kartu yang berisi tentang bermain dan menjawab kartu yang berisi tentang materi pembelajaran.

Langkah-langkah dalam melakukan model pembelajaran ini, pertama, guru menyiapkan beberapa kartu menyiapkan beberapa kartu soal dan jawaban. Dengan kartu soal berisi kalimat dengan huruf Alquran dan kartu jawaban berisi nama harakat.

Kedua, setiap peserta didik mendapat satu buah kartu. Ketiga, setiap peserta didik memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang. Keempat, setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).

Baca juga:  Terapkan Pendidikan Karakter dengan 5S

Kelima, setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu yang ditentukan akan diberikan poin. Keanam, setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. Dengan menggunakan model pembelajaran couple card, diharapkan dapat lebih memahamkan peserta didik dalam pembelajaran membaca kalimat huruf Alquran.

Ini dikarenakan model pembelajaran ini cocok dalam hal review dan penguatan kembali dalam pembelajaran peserta didik. Sehingga materi yang disampaikan akan lebih mengena kepada peserta didik disertai dengan pembelajaran yang menyenangkan. (pb2/zal)

Guru SDN 03 Pedurungan, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya