alexametrics

Belajar Menyenangkan dengan Quizizz

Oleh : Dra. Rosalia Anna WA.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dua tahun terakhir, dunia dihebohkan berita penyakit mematikan. Yang disebabkan virus corona atau covid-19. Kejadian ini bermula dari negeri China tepatnya di Wuhan dan terus menyebar keseluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Hal ini ternyata berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Yang semula anak didik belajar dengan tatap muka bersama para guru, mau tidak mau, suka atau tidak suka harus tetap menyelenggarakan pembelajaran walaupun harus berjarak namun tetap bergerak. Pembelajaran harus tetap berlangsung demi masa depan anak bangsa.

Maret tepatnya tanggal 16 tahun 2021 pemerintah menetapkan untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh atau PJJ, memasuki tahun 2022 SMP N 1 Gubug sudah mencoba mengadakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas(PTMT). Dengan PTMT bukan berarti tanpa masalah. Tetapi selalu ada masalah terutama membangun semangat anak didik.

Baca juga:  Penggunaan Peta Minda dapat Meningkatkan Belajar Siswa Lebih Bermakna

Mempunyai handphone bukan untuk belajar tapi malah untuk bermain game. Sebagai cara belajar alternatif untuk anak didik yang menyenangkan seperti bermain game maka salah satu solusinya adalah menggunakan Quizizz.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif memiliki hingga empat pilihan jawaban. Termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR). Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa. Asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga:  Bermain Bilangan Loncat dengan Engklek Patahan

Dengan Quizizz, siswa akan merasa ditantang. Karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena Quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta Quizizz. Quizizz ini menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan meme lucu.

Kelebihan Quizizz adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya. Karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya.

Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. Tidak hanya itu, siswa mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Baca juga:  Mentoring Pembelajaran Terpadu Terintegrasi Penerapan PRLH Efektifkan Menulis Eksposisi

Keuntungan Quizizz bagi guru adalah akan ada peringkat otomatis. Kemudian Quizizz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta persentase pencapaian quiz untuk seluruh siswa. Selain itu, hasil quiz setiap siswa dapat di-email ke orang tua siswa.

Mengingat pandemi belum berakhir, maka persiapan belajar bagi seluruh anak didik sangat penting untuk dirumuskan dengan tepat guru. Demi mewujudkan pembelajaran berkualitas. Bagi teman-teman guru jangan menyerah, teruslah berkreasi untuk anak bangsa. (nov1/fth)

Guru Matematika SMP Negeri 1 Gubug.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya