alexametrics

Tingkatkan Kemampuan Membaca melalui Metode Cooperative Script

Oleh : Tri Sunarti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, baik dari tingkat sekolah hingga ke perguruan tinggi. Untuk itu dengan mudah mengikuti proses belajar mengajar sehingga benar-benar bisa memahami materi pembelajaran bahasa Indonesia, diperlukan suatu keterampilan berbahasa yang memadai.

Pada hakikatnya belajar bahasa Indonesia adalah belajar komunikatif. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia selain meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.

Pelajaran bahasa Indonesia menitikberatkan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia tentang belajar komunikasi dan belajar sastra untuk dapat menghargai dan memahami manusia dan nilai-nilainya.

Perihal yang demikian maka perlulah suatu kemampuan dan keterampilan bebahasa Indonesia dengan baik dan tepat, khususnya pada kemampuan memahami bacaan. Masalah mendasar yang dihadapi oleh guru kelas IV SD Negeri 1 Jambudesa pada pembelajaran bahasa Indonesia adalah rendahnya kemampuan memahami bacaan siswa, terutama pada pembelajaran membaca teks agak panjang 100-200 kata.

Baca juga:  Belajar Efektif IPS dengan Window Shopping

Belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk dapat bertingkah laku baru dari hasil interaksi stimulus dan respons pada lingkungan belajar.

Dalam belajar yang terpenting adalah proses bukan hasil yang diperolehnya. Artinya, belajar harus diperoleh dengan usaha sendiri, adapun orang lain itu hanya sebagai perantara atau penunjang dalam kegiatan belajar agar belajar itu dapat berhasil dengan baik.

Menurut Subana dan Sunarti (2000:14) berdasarkan pengertian belajar dan mengajar, tampaknya keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Membaca adalah sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa, dalam hal ini sesuai pengertian nya menurut Subana dan Sunarti (2000:224) bahwa pengertian membaca adalah membaca tulisan, oleh pembaca dibatasi membaca untuk mendapat informasi serta pengertian yang terkandung didalamnya.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Baca Tulis Alquran melalui Metode Driil

Menurut Henry Guntur Tarigan (2008:7 dalam Bambang Sutikno), membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis/teks.

Pembelajaran cooperative script merupakan salah satu bentuk atau model pembelajaran kooperatif, mengalami perkembangan sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit berbeda satu dengan yang lainnya.

Pembelajaran cooperative script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas.

Dalam aktivitas siswa selama pembelajaran cooperative script benar-benar memberdayakan potensi siswa untuk mengaktualisasikan pengetahuan dan keterampilannya. Jadi benar-benar sangat sesuai dengan pendekatan konstruktivis yang dikembangkan saat ini.

Baca juga:  Model Inquiry Learning, Optimalkan Hasil Belajar PJOK

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru melalui metode cooperative script ini sudah cukup berhasil dan siswa termotivasi dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam peningkatan kemampuan membaca melalui metode cooperative script dalam proses pembelajaran baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hasil menunjukan peningkatan. (pb1/lis)

Guru SDN 1 Jambudesa, Karanganyar, Kabupaten Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya